Trending

Kemenparekraf tingkatkan kunjungan wisman Korea lewat SITF 2024 - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
Guna terus meningkatkan jumlah kunjungan wisman tahun 2024, khususnya asal Republik Korea, oleh lantaran itu, Kemenparekraf berperan-serta dalam bursa pariwisata Seoul International Travel Fair (SITF) 2024 ini

Jakarta (BERITAJA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pasar visitor mancanegara (wisman) asal Republik Korea tetap menjadi salah satu pasar yang berpotensi bagi industri pariwisata di Indonesia.

“Guna terus meningkatkan jumlah kunjungan wisman tahun 2024, khususnya asal Republik Korea, oleh lantaran itu, Kemenparekraf berperan-serta dalam bursa pariwisata Seoul International Travel Fair (SITF) 2024 ini,” kata Menparekraf dalam keterangan di Jakarta, Senin.
 

Republik Korea menempati urutan ke-8 dari 10 besar negara kontributor wisman terbanyak ke Indonesia pada 2023 dan terus menunjukkan tren positif dan mencapai 347.185 kunjungan, dengan pertumbuhan sebesar 284 persen dibandingkan tahun 2022 (atau 178,5 persen dari sasaran tahun 2023 sebesar 194.500).
 

Sedangkan untuk 2024, sasaran kunjungan wisman Republik Korea ke Indonesia ditetapkan sebanyak 344.752 kunjungan, alias naik 43,58 persen dibandingkan sasaran 2023.
 

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini menyampaikan Bali telah menjadi puncak pikiran bagi visitor outbound Republik Korea.
 

Selain Bali, Wonderful Indonesia juga menawarkan 5 Destinasi Super Prioritas di luar Bali seperti Danau Toba, di Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang; dan konsentrasi pada segmen unggulan di pasar Republik Korea ialah golf dan rekreasi.
 

“Dalam menyasar segmen kelas atas alias luxury, industri pariwisata Indonesia menyiapkan paket-paket wisata yang sesuai dengan visitor dari Republik Korea,” kata Ni Made Ayu.
 

Made menambahkan, paviliun tersebut juga mempromosikan destinasi di Indonesia sebagai letak syuting film.
 

“Kami baru saja meluncurkan ekosistem letak syuting movie yang disebut Indonesia Film Facilitation (https://www.iffa.id/), sebagai akses bagi sineas internasional untuk mengunjungi beragam letak syuting yang bagus di Indonesia. Mempromosikan destinasi melalui movie dapat mengekspos lebih banyak destinasi di Indonesia sehingga mendorong lebih banyak visitor Korea untuk berjamu ke Indonesia,” katanya.
 

Dalam menyukseskan Paviliun Indonesia di SITF 2024, Kemenparekraf bekerja sama dengan KBRI Seoul, Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan, dan maskapai Garuda Indonesia turut berperan-serta pada aktivitas promosi di Republik Korea ini dengan menghadirkan Paviliun Wonderful Indonesia.
 


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close