Trending

Kemenkumham NTT siapkan perangkat keimigrasian sambut KTT ASEAN - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Kupang (BERITAJA.COM) - Divisi Keimigrasian Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Timur mempersiapkan perangkat imigrasi untuk menyambut kehadiran delegasi dari beragam negara Asia Tenggara dalam aktivitas KTT ASEAN nan rencananya digelar pada Mei 2023.

"Kita sudah menyiapkan segalanya, mulai dari SDM serta persiapan check point alias pemeriksaan serta perangkat nan bakal terintegrasi secara langsung ke pusat di Bandara Komodo Labuan Bajo," kata Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham NTT Ismoyo di Kupang, Sabtu.

Ia menyampaikan perihal itu usai membuka dan menghadiri aktivitas "Sinergitas Antar-Instansi Pengawasan Orang Asing dalam Mendukung Persiapan ASEAN Summit Tahun 2023” nan diikuti tim pengawasan orang asing di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Ismoyo mengatakan saat ini pihaknya tetap menunggu legalitas penetapan Bandara Komodo sebagai airport internasional. Jika sudah ditetapkan maka mulai disiapkan pintu masuk alias jalur penumpang domestik dan penumpang internasional.

"Hal ini juga menyangkut keamanan sehingga kita bakal berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri," ujarnya.

Ismoyo menjelaskan posisi Kanwil Kemenkumham NTT sangat strategis dalam penyelenggaraan KTT ASEAN lantaran bakal mengurus semua aktivitas keimigrasian selama penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo pada Mei mendatang.

Ia menjelaskan sekitar 1.500 orang delegasi dari negara-negara personil ASEAN bakal datang dalam pertemuan internasional tersebut.

Para pejabat negara dari beragam negara Asia Tenggara bakal datang pada Mei mendatang, tetapi tidak menutup kemungkinan perwakilan lainnya datang pada April untuk mengecek letak kegiatan.

Oleh lantaran itu, pada rapat koordinasi itu diharapkan bisa menghasilkan perihal baru nan bermaksud menyukseskan penyelenggaraan KTT ASEAN.

"Sinergi kuat antar-instansi dalam mendukung penyelenggaraan ASEAN Summit 2023 menjadi perhatian kita bersama," ucapnya.

Rapat tersebut menghadirkan seluruh timpora di NTT dan para kepala Kantor Imigrasi di NTT, mulai dari Kanim Belu, Kupang, Labuan Bajo hingga Maumere.

Kornelis Kaha

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close