Kemenkumham NTT sarankan warga manfaatkan bantuan hukum gratis - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Kupang (BERITAJA.COM) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyarankan penduduk agar memanfaatkan jasa support norma secara cuma-cuma nan disediakan melalui organisasi support norma (OBH) di provinsi itu.

"Siapa saja penduduk miskin bisa menerima support norma secara cuma-cuma dari Kanwil Kemenkumham, jadi silahkan manfaatkan jasa tersebut ketika berhadapan dengan masalah hukum," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi NTT Marciana Dominika Jone di Kupang, Selasa.

Pada aktivitas Fokus Grup Diskusi nan bertema "Rancangan Standar Pelayanan pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi NTT", Marciana menegaskan penduduk miskin nan mengalami persoalan norma dapat memanfaatkan jasa support norma cuma-cuma dengan hanya melengkapi persyaratan seperti surat keterangan identitas diri.

Ia menyebut sebanyak 15 OBH nan menjadi mitra Kemenkumham nan tersebar di NTT untuk bersedia memberikan bantuan norma secara gratis, antara lain DPC Peradi Ruteng, Perkumpulan LBH Manggarai Raya, Perkumpulan LBH Surya Provinsi NTT, Posbakumadin Kefamenanu, Posbakumadin Soe, Yayasan Bantuan Hukum Lentera Belu dan Yayasan Posbakum Advokasi Indonesia.

Selain itu, Kantor Bantuan Hukum Sarnelli, LBH Surya NTT Perwakilan Manggarai Barat, LBH Asosiasi Perempuan Indonesia Untuk Keadilan Provinsi NTT, LBH Surya NTT Perwakilan Kabupaten Kupang, LBH Surya NTT Perwakilan Kabupaten Lembata, LBH Surya NTT Perwakilan Kabupaten Rote Ndao, Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum STIKUM dan Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia-Maumere.

"Bantuan norma dari lembaga support norma (LBH) itu tanpa dipungut biaya apa pun, dan tidak dibenarkan ada biaya lantaran memang betul-betul cuma-cuma dari negara nan menyiapkan biayanya," katanya.

Marciana menegaskan jika ada OBH atau LBH tersebut nan meminta alias memungut biaya dari penduduk miskin nan layak mendapatkan support norma secara cuma-cuma dipersilahkan untuk melapor ke Kanwil Kemenkumham NTT untuk ditindaklanjuti.

Kegiatan Fokus Grup Diskusi tersebut dihadiri beragam komponen masyarakat dan lembaga di wilayah itu, antara lain OBH/LBH, Ombudsman RI Perwakilan Provinsi NTT, dan akademisi dari sejumlah perguruan tinggi di Kota Kupang, serta penduduk sipil.
 

Aloysius Lewokeda

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close