Trending

Kemenkop UKM ajak YDBA kembangkan UMKM berbasis teknologi dan inovasi - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta (BERITAJA) - Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim membujuk Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA) untuk membantu mengembangkan produk UMKM berbasis teknologi dan inovasi.

Arif, saat berbincang dengan jejeran pengurus YDBA di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa pembinaan yang dilakukan YDBA terhadap pelaku UMKM sudah baik sehingga dapat dicontoh di tempat lain, salah satunya di Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM (PLUT-KUMKM).

Arif mengatakan YDBA ataupun para pelaku UMKM lain dapat memanfaatkan program shopping peralatan dan jasa pemerintah. Saat ini potensi shopping pemerintah dan BUMN terhadap produk UMKM cukup besar. Kebijakan afirmatif pemerintah mewajibkan shopping barang/jasa pemerintah terhadap UMKM mencapai 40 persen.

"Untuk itu diperlukan strategi pembinaan yang tepat kepada para pelaku UMKM supayamampu menciptakan produk sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pasar pemerintah dengan nilai yang bersaing," kata Arif dalam keterangan persnya.

Menurut Arif, kesiapan bahan baku, SDM terdidik, kehadiran lembaga pembiayaan dan support pemerintah seharusnyamampu mendorong UMKM Indonesia untuk menciptakan produk buatan Indonesia yang dapat menggantikan produk impor yang saat ini tetap digunakan pemerintah maupun BUMN.

"Ini yang perlu kita dampingi agar UMKMmampu berkembang menciptakan produk berbasis teknologi dan inovasi. Melalukan hilirisasi, mengolah hasil kekayaan alam menjadi peralatan jadi," kata Arif.

Untuk itu melalui PLUT-KUMKM, diharapkan YDBA dapat bersinergi membantu membina pelaku UMKM yang ada di daerah.

"Jumlah PLUT-KUMKM saat ini sudah cukup banyak dan tersebar di beragam wilayah di seluruh Indonesia, tapi untuk pendampingan perlu bersinergi dengan YDBA. Jadi harapannya, teman-teman kita para pendamping dapat belajar dengan YDBA," kata Arif.

Dengan begitu UMKM diharapkanmampu naik kelas,mampu memperluas lapangan kerja, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pengurus YDBA Rahmat Samulo mengatakan program pembinaan UMKM yang dilakukan Astra melalui YDBA mempunyai pendekatan yang end to end.

"Kami mempunyai ekosistem pembinaan UMKM yang programnya bukan hanya pelatihan, tetapi juga pendampingan. Kami mendirikan bagian di beragam wilayah alias dikenal Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) dengan tujuan agar kamimampu lebih dekat dengan UMKM,” ujar Samulo.

Samulo juga menyampaikan, YDBA membuka diri untuk bekerja-sama berbareng Kemenkop UKM sebagai kementerian yang bertanggung jawab membina UMKM supayamampu mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia.

Baca juga: Kemenperin gandeng YDBA tingkatkan kualitas SDM otomotif
Baca juga: Kolaborasi SIG dan YDBA tingkatkan TKDN suku cadang
Baca juga: KemenKopUKM sorong bank sampah berbadan norma koperasi

 


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close