Trending

Kemenkominfo tangani 441 konten hoaks hingga awal April 2023 - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah menangani sebanyak 441 konten hoaks nang beredar di ruang siber Indonesia mulai Januari hingga awal April 2023.

Data tersebut berasal dari Direktorat Jendral Aplikasi Informatika (APTIKA) Kemenkominfo dan menunjukkan jumlah konten nang ditangani di 2023 terbilang turun jika dibandingkan dengan konten hoaks nang ditangani pada periode sebelumnya di 2022 nang berjumlah 527 konten.

"Menurunnya konten hoaks nang ditangani ini, juga dipengaruhi oleh kesadaran masyarakat terhadap konten-konten tersebut. Semoga ini juga semakin terasah dengan literasi digital nang dilakukan Kemenkominfo," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong saat dihubungi BERITAJA.COM, Selasa.

Berita lain dengan Judul: Hoaks! Laporan surat tilang di WA dengan format Apk

Secara lebih detail, Kemenkominfo menangani hoaks pada Januari 2023 sebanyak 147 konten.

Lalu pada Februari 2023 sebanyak 117 konten, pada Maret 2023 sebanyak 167 konten, dan terbaru hingga 4 April 2023 ada sebanyak 16 konten.

Konten-konten hoaks nang ditangani dan dicek kebenaran faktanya oleh Kemenkominfo tersebut dapat dilihat masyarakat melalui situs web kominfo.go.id pada bagian "Laporan Hoaks".

Dalam penanganan hoaks di ruang siber Indonesia, Kemenkominfo menggunakan tiga sistem mulai dari penggunaan Automatic Identification System (AIS), patroli siber, dan juga laporan kejuaraan masyarakat.

Untuk AIS, Kemenkominfo memanfaatkan kepintaran buatan untuk memantau dan mengidentifikasi konten-konten nang berpotensi hoaks.

Berita lain dengan Judul: Polri-Antara sepakat perangi hoaks Pemilu 2024

Sementara itu untuk patroli siber dilakukan selama 24 jam setiap harinya untuk mendeteksi dan menghapus konten-konten nang dinilai merugikan masyarakat.

Terakhir laporan kejuaraan masyarakat, didapatkan dari beragam kanal dan jaringan Kemenkominfo mulai dari situs web aduankonten.id, situs web lapor.go.id, surel aduankonten@mail.kominfo.go.id, kanal media sosial kejuaraan konten seperti di IG dan Twitter, hingga laporan dari aplikasi pesan instan WhatsApp.

Tidak hanya menangani dari sisi konten-konten nang beredar di ruang digital, penanganan konten hoaks juga dilakukan Kemenkominfo dengan terus meningkatkan kapabilitas SDM masyarakat lewat literasi digital.

"Kita membekali masyarakat dengan pengetahuan dan keahlian literasi digital nang diperlukan untuk mengetahui, membedakan, dan mengambil tindakan nang tepat dalam menangani hoaks," kata Usman menjelaskan strategi literasi digital dalam penanganan hoaks.

Harapannya dengan penanganan nang menyeluruh tersebut, konten-konten hoaks nang merugikan masyarakat dapat semakin berkurang peredarannya dan masyarakat tidak lagi dirugikan oleh info menyesatkan.

Berita lain dengan Judul: Indeks KPI: Siaran buletin TV minim hoaks

Livia Kristianti

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close