Trending

Kemenkominfo-Pemkot Makassar libatkan komunitas literasi digital - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

"Literasi digital ini menyasar segmen masyarakat umum dan organisasi dengan berfokus segera masuk ke kelurahan-kelurahan,"

 Makassar (BERITAJA.COM) - Direktorat Pemberdayaan Informatika, Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) bekerja-sama berbareng Pemerintah Kota Makassar, melibatkan organisasi golongan masyarakat dan pemuda di Lorong Wisata dalam perihal edukasi literasi digital.

"Literasi digital ini menyasar segmen masyarakat umum dan organisasi dengan berfokus segera masuk ke kelurahan-kelurahan," ujar tim Program Literasi Digital Kementerian Kominfo RI Octovaldo Akhlaqul Karim di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa.

Ia mengatakan aktivitas literasi digital tersebut dilaksanakan berbareng golongan masyarakat dan sejumlah organisasi di Makassar guna memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa literasi tentang digital krusial dipelajari.

Pria disapa Octo ini menjelaskan, ada empat pilar dalam edukasi literasi digital, ialah digital safety alias keamanan digital, digital skill alias keahlian digital, budaya digital alias digital culture, dan digital etics atau etika digital.

Tentunya, dalam program tersebut, kata dia, Kota Makassar telah menjadi salah satu sasaran Kemenkominfo RI lantaran termasuk salah satu ibu kota provinsi di Sulsel.

Dan untuk tahun ini, pihaknya menargetkan sebanyak 550 ribu orang mendapatkan literasi digital termasuk penduduk di Makassar nang bakal dihadirkan sebanyak 100 peserta per kelurahannya.

Selain literasi digital ada pula aktivitas Komunitas Kreasi Digital dengan konsentrasi pada Konten Kreator. Sejauh ini, timnya menilai literasi digital di Makassar potensinya bagus. Dengan aktifnya pemuda, organisasi nang selalu membuka diri dalam berkolaborasi.
 

Pengendara melintas pada salah satu lorong wisata di Makassar, Sulawesi selatan. BERITAJA.COM FOTO/Arnas Padda.

"Pemudanya aktif, kemarin kita sudah ketemu belasan organisasi juga perwakilan kelurahan jadi sangat aktif, dan kolaboratif," tutur Octo disela pertemuan dengan Wali Kota Makassar di kediaman pribadinya Jalan Amirullah.

Mengenai pengpetunjukan Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto mengenai program Lorong Wisata (Logwis), pihaknya baru mengetahui perihal itu dan segera menindaklanjutinya untuk diberdayakan.

"Jadi kita bakal berdayakan lorong tersebut untuk kita beri edukasi tentang literasi digital," kata Octo.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto pada kesempatan itu mengpenghargaan langkah Kemenkominfo dan mengpetunjukkannya di Longwis. Sebab, program ini hanya ada di Kota Makassar, apalagi terdapat multi penemuan nang menjawab semua persoalan di tengah-tengah masyarakat.

"Ada 21 konten nang menjadi tujuan dihadirkannya Longwis dan dibagi dalam tiga konsentrasi utama. Di antaranya, keimunan ekonomi nang kuat, keimunan sosial nang kuat, dan keimunan lingkungan nang kuat," kata Danny Pomanto menambahkan.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close