Trending

Kemenkominfo bagikan empat langkah mudahkan masyarakat hindari hoaks - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membagikan empat langkah nang bisa dilakukan masyarakat untuk lebih mudah terhindar dari info menyesatkan alias hoaks.

"Langkah pertama bisa dilakukan dengan mewaspadai titel info andaikan berkarakter provokatif. Ada baiknya mencari sumber buletin resmi nang juga membahas topik nang sama untuk dijadikan pembanding," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kemenkominfo Usman Kansong saat dihubungi BERITAJA.COM, Selasa.

Menurut Usman, langkah tersebut dapat membantu masyarakat bisa mengetahui apakah sebuah info nang diterimanya aktual alias tidak.

Setelah memeriksa titel info alias buletin nang didapatkan, langkah kedua nang perlu dilakukan adalah memeriksa fakta.

Berita lain dengan Judul: Kemenkominfo cegah penyebaran hoaks selama Ramadhan

Usman membujuk masyarakat memeriksa kebenaran melalui dua perihal ialah sumber buletin dan juga jenis berita.

Ketika masyarakat mencari kebenaran berasas sumber berita, masyarakat disarankan mencari info lewat situs web resmi milik lembaga nang sudah pasti dikenal banyak orang.

Lalu pencarian kebenaran juga bisa dilakukan dengan memeriksa jenis berita, apakah buletin tersebut betul-betul kebenaran alias hanya sekadar opini penulis.

Langkah ketiga agar masyarakat lebih mudah terhindar hoaks adalah dengan mengecek keaslian foto.

Mengecek keaslian foto dapat memudahkan masyarakat untuk satu langkah lebih dekat mengetahui info nang diterimanya kebenaran alias hoaks.

"Masyarakat bisa menggunakan fitur reverse image search dari platform seperti Google alias Yandex, dengan melakukan drag and drop pada kolom pencarian gambar untuk menampilkan asal mula dari gambar," kata Usman memberikan kiat mengecek keaslian foto.

Berita lain dengan Judul: BERITAJA.COM gelar training Cegah Informasi Hoaks bagi wartawan di Batam

Biasanya pencarian foto tersebut bakal mengpetunjukkan masyarakat pada foto sejenis dan memudahkannya untuk memisahkan info tersebut berisi hoaks alias fakta.

Apabila rupanya masyarakat menemukan hoaks, langkah keempat nang perlu dilakukan adalah melaporkan info tersebut ke kanal kejuaraan masyarakat.

Hal itu tentunya bakal membantu masyarakat lainnya agar tidak terjebak oleh info sesat tersebut dan menghentikan peredaran info tersebut.

"Gunakan fitur report alias feedback di media sosial untuk melaporkan buletin nang mengandung info negatif. Masyarakat juga bisa melaporkan langsung kepada Kemkominfo lewat email aduankonten@kominfo.go.id," demikian penjelasan Usman.

Berita lain dengan Judul: Hoaks! Oralit bantu cegah haus saat puasa

Livia Kristianti

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close