Trends

Kemeninves BKPM sebut NIB dongkrak penjualan UMKM - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (Kemeninves BPKM) menyebut Nomor Induk Berusaha (NIB) dapat mendongkrak penjualan para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), utamanya di e-commerce.

Staf Khusus sekaligus Juru Bicara Kemeninves BPKM, Tina Talisa mengatakan, konsumen saat ini condong untuk lebih memilih berbelanja di toko alias UMKM pada e-commerce yang bercap toko resmi alias official store.

“Perilaku konsumen di e-commerce saat ini bakal lebih mempercayai UMKM official store, di mana salah satu syarat untuk mendapat label itu adalah telah mempunyai NIB,” kata Talisa ditemui pada lokakarya di Jakarta, Senin (6/3).

Talisa menambahkan, semenjak Undang-Undang Cipta kerja disahkan pada 2020, proses pembuatan NIB sudah tidak lagi rumit berkah pemangkasan birokrasi nan signifikan.

Berita lain dengan Judul: Pemkot Kediri buka pengurusan NIB dan support modal bagi disabilitas

NIB, menurutnya, sekarang juga telah menjadi perizinan tunggal, alias satu-satunya legalitas upaya di Indonesia. Para pelaku UMKM tidak lagi perlu untuk mendaftar legalitas seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Keterangan Usaha (SKU), Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP), serta surat perizinan lain seperti sebelumnya.

“Jadi ketika ditanya mana SIUP-nya? Mana SKU-nya? Anda bisa jawab sudah tidak diperlukan lantaran sudah ada NIB,” ujarnya.

Pada kesempatan nan sama, salah satu pemilik UMKM di bagian wewangian, Vica Mardika mengaku mengalami peningkatan omzet sejak jenama dagangnya mempunyai NIB.

Berita lain dengan Judul: KemenKopUKM targetkan 10 juta UMKM punya NIB di 2023

“Dulu sebelum terdaftar dengan NIB, saya hanya bisa menjual sekitar 50 botol sebulan, sejak mempunyai NIB dan label official store di e-commerce, bulan lampau saya bisa menjual lebih dari 600 botol,” imbuh Vica.

Adapun pembuatan NIB dapat dilakukan melalui perizinan berupaya nan telah terintegrasi secara elektronik ialah Online Single Submission (OSS).

Dokumen NIB ibaratkan KTP bagi pelaku usaha. NIB juga diperlukan untuk pengurusan izin lanjutan seperti sertifikat legal maupun BPOM.

Selain itu, NIB juga berfaedah sekaligus sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API) dan Akses Kepabeanan, sehingga memudahkan pelaku upaya nan melakukan aktivitas ekspor/impor.

Berita lain dengan Judul: UMKM bimbingan Pertamina di Inacraft 2023 bukukan transaksi Rp2,4 miliar



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close