Kemenhub verifikasi rekomendasi Daerah Terlarang Terbatas Pertamina - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - PT Pertamina (Persero) meminta kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk melakukan verifikasi lapangan guna pembuatan rekomendasi penetapan Daerah Terlarang Terbatas (DTT).

Permintaan ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan keamanan dan keselamatan operasi kapal di perairan Indonesia.

Tim Verifikasi dipimpin oleh Kasubdit Perambuan dan Perbengkelan Dit Kenavigasian, Kementerian Perhubungan, Yudhonur Setyaji P saat melakukan kunjungan ke Onshore Receiving Facility PT Pertamina di Muara Karang , Jakarta.

"Kunjungan ini dilakukan dalam rangka verifikasi lapangan untuk pembuatan penyusunan rekomendasi guna penetapan Daerah Terlarang Terbatas (DTT)," ujar Yudhonur dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Yudho menjelaskan pembuatan rekomendasi DTT sendiri sebenarnya merupakan tanggung jawab kewenangan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), namun demikian dalam perihal untuk melakukan verifikasi lapangan guna menyusun rekomendasi nan sesuai dengan kondisi lapangan, PT Pertamina mengundang Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

"Dalam kunjungan ini kami melakukan pengecekan dan pengamatan langsung terhadap akomodasi mengenai di PT. Pertamina Muara Karang," ungkapnya.

Penetapan DTT bermaksud untuk memastikan keselamatan dan keamanan operasi kapal di perairan Indonesia. Dengan adanya DTT, dapat ditentukan wilayah nan terdapat batas operasional kapal dapat ditentukan sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan kapal.

Diharapkan dengan Kunjungan verifikasi lapangan ini kiranya dapat memberikan info nan jeli dan sah untuk pembuatan rekomendasi penetapan Daerah Terlarang Terbatas (DTT) nan sesuai dengan kondisi lapangan.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Kenavigasian Budi Mantoro menyatakan bahwa Penetapan DTT sangat krusial untuk menjaga keamanan operasi kapal di perairan Indonesia. "Kami mengpenghargaan PT Pertamina nan berupaya untuk memberikan kontribusi dalam penyusunan rekomendasi nan jeli dan valid," katanya.

Dalam kesempatan ini, Budi Mantoro juga mengingatkan kepada semua pihak untuk selalu mematuhi aturan-aturan nan bertindak dalam penggunaan perairan Indonesia.

"Diharapkan dengan adanya penetapan DTT, operasi kapal dapat dilakukan dengan lebih kondusif dan terhindar dari akibat kecelakaan," tutupnya.

Berita lain dengan Judul: Anggota DPR sebut pemindahan TBBM Plumpang opsi terbaik
Berita lain dengan Judul: Menteri BUMN copot Direktur Penunjang Bisnis Pertamina
Berita lain dengan Judul: Komisi VII DPR penghargaan komitmen Pertamina tangani kejadian Plumpang

 



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close