Trending

Kemenhub: Penerbangan Xiamen-Bali berdampak positif buat pariwisata - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com
Discover Millions of Products

Mengingat China merupakan salah satu potensi 'market' bagi pariwisata di Bali.

Jakarta (BERITAJA.COM) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut penerbangan langsung (direct flight) dari Bandara Gaoqi Xiamen, China menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali berakibat positif bagi pariwisata dan perekonomian di Bali.

"Mengingat China merupakan salah satu potensi 'market' bagi pariwisata di Bali. Saat ini, tercatat sebanyak 1.143 wisman (wisatawan mancanegara) asal China datang ke Bali sejak awal tahun 2023. Dengan adanya penerbangan reguler secara 'direct' tentunya bakal sangat mendukung," ujar Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni melalui keterangan resmi nan diterima, di Jakarta, Senin.

Adapun, penerbangan langsung Xiamen-Denpasar tersebut dibuka dengan gelombang penerbangan setiap hari.

Penerbangan pertama Xiamen-Denpasar menjadi penerbangan reguler pertama setelah pandemi COVID-19 nan dilakukan pada Jumat (3/3) lalu.

Penerbangan tersebut menggunakan pesawat Xiamen Airlines Boeing 738-800 dengan kapabilitas 169 kursi. Jadwal kehadiran pesawat dari Xiamen pada pukul 23.15 WITA dan kembali ke Xiamen pukul 00.15 WITA.

Sebelumnya di Bandara I Gusti Ngurah Rai telah melayani penerbangan charter dari Shenzen-Denpasar seminggu sekali oleh maspakai Lion Air menggunakan pesawat Boeing 737-900. Kini sudah ada dua kota di China, ialah Xiamen dan Shenzhen nan terkoneksi langsung dengan Bali melalui 'reguler flight' dan 'charter flight'.

Kristi mengharapkan aksesibilitas penerbangan dari China ke Indonesia semakin mendorong pemulihan sektor penerbangan, terutama rute penerbangan internasional tak hanya di Bali, melainkan juga di kota-kota lainnya.

Selain dari China, pada awal Maret 2023 lampau telah beraksi penerbangan langsung satu kali dalam seminggu dari Bandar Udara Narita Tokyo menuju Bandar Udara SAM Ratulangi Manado pergi pulang oleh maskapai Garuda Indonesia dengan pesawat Airbus A333 kapabilitas 250 kursi.

"Dengan kerjasama nan erat antarkementerian/lembaga dan semua 'stakeholders' penerbangan bakal terwujud potensi konektivitas penerbangan agar kota-kota dapat terhubung dengan rute internasional, sehingga bisa mendorong pemulihan sektor penerbangan di Indonesia setelah pandemi," kata Kristi.
Berita lain dengan Judul: China tangguhkan sejumlah penerbangan asing, dua dari Indonesia
Berita lain dengan Judul: Penerbangan langsung Xiamen China ke Bali beraksi mulai 3 Maret


Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close