Trending

Kemendikbud Ristek: Cagar budaya di desa bisa jadi destinasi wisata - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Masyarakat gimana berupaya agar cagar budaya bisa memberikan sesuatu nang bermanfaat

Garut (BERITAJA.COM) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyampaikan cagar budaya nang ada di setiap desa kudu dijaga dan dirawat dengan baik lantaran bisa menjadi lokasi wisata dan juga edukasi nang akhirnya bisa memberikan faedah secara ekonomi bagi masyarakat setempat.

"Masyarakat gimana berupaya agar cagar budaya bisa memberikan sesuatu nang bermanfaat," kata Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan pada Kemendikbudristek Irini Dewi Wanti saat aktivitas Sosialisasi Pemanfaatan Potensi Budaya Desa di Kabupaten Garut, Garut, Jawa Barat, Jumat.

Berita lain dengan Judul: Disparbud Garut promosikan lokasi wisata Sindangkasih secara digital

Ia menuturkan desa mempunyai keistimewaan dan kelebihan tersendiri nang mempunyai beragam potensi untuk bisa dikembangkan dan memberikan faedah bagi masyarakat.

Upaya pengembangan desa itu, kata dia, tidak hanya pada potensi wisata alam, melainkan ada sektor lain nang menarik dan berpotensi untuk dikembangkan sehingga bisa memberikan faedah untuk desa.

Ia menyebut potensi lain di desa di antaranya cagar budaya, seperti peninggalan era dulu nang bisa ditawarkan menjadi lokasi wisata maupun wisata edukasi tentang suatu kebudayaan di wilayah itu.

"Ini pengembangan cagar budaya itu bisa sebagai pengetahuan pengetahuan, pendidikan dan pariwisata," katanya.

Ia berambisi desa bisa memanfaatkan potensi cagar budaya nang dimiliki di daerahnya, selanjutnya dijaga, dirawat, dan diupayakan untuk bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat luar.

Salah satu contoh cagar budaya nang bisa dikembangkan, kata dia, misalkan makam keramat nang bisa dijadikan wisata keagamaan dengan nilai-nilai kebaikan di tempat itu.

"Cagar budaya desa tersebut walaupun makam bisa jadi potensi, orang bisa datang ke sana," kata Irini.

Ia berambisi adanya aktivitas sosialisasi kepada masyarakat di Kabupaten Garut itu bisa mengembangkan nilai-nilai keragaman kebudayaan di daerahnya.

Menurut dia upaya pemanfaatan kebudayaan di desa bakal memberikan akibat nang positif dan tentunya bisa menjadi lokasi wisata nang menarik.

"Pemanfaatannya misalkan untuk pariwisata, misalkan Kabupaten Garut terus mengembangkan sektor pariwisata, itu kudu mengungkap kebudayaan Garut secara umum, baik kuliner dan budaya istiadatnya," katanya.

Berita lain dengan Judul: Disparbud Garut sebut Festival Liwet upaya promosikan wisata kuliner



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close