Trends

Kemendag kembangkan empat sektor ekraf untuk tingkatkan ekspor - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

....Kami melakukan pendampingan, memfasilitasi end to end gimana kami bisa membantu pelaku upaya untuk mengembangkan produknya, membantu mensertifikasi produk, kreasi seperti apa, bungkusan termasuk sertifikasi dan promosi di dalam dan luar negeri.

Jakarta (BERITAJA.COM) - Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kementerian Perdagangan (Kemendag) Miftah Farid mengatakan, subsektor ekonomi imajinatif (ekraf) nan terdiri atas animasi, komik, dan game, kriya, fesyen serta jasa ritel terus dikembangkan untuk meningkatkan ekspor nasional.

"Apa nan dilakukan oleh Kemendag pada empat sektor ini? Kami melakukan pendampingan, memfasilitasi end to end bagaimana kami bisa membantu pelaku upaya untuk mengembangkan produknya, membantu mensertifikasi produk, kreasi seperti apa, bungkusan termasuk sertifikasi dan promosi di dalam dan luar negeri," ujar Miftah ketika ditemui seusai bertemu pers Indonesia Brands Go Global di Jakarta, Rabu.

Miftah mengatakan bahwa Kemendag mempunyai beberapa upaya untuk meningkatkan jasa ritel di luar negeri. Pertama, memberikan akses kepada Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) untuk mendapat pembiayaan.

Berita lain dengan Judul: Kemendag dukung Hippindo kembangkan produk ritel nasional di Malaysia

Kemendag juga memberikan info agar para personil Hippindo dapat memahami izin untuk berinvestasi di negara-negara ASEAN, termasuk memfasilitasi proses match making sebelum produk jasa ritel mengembangkan ekspornya.

Kemendag berbareng dengan Hippindo, Investment Authority di ASEAN dan atase-atase perdagangan Indonesia mempunyai forum nan bermaksud untuk memberikan gambaran seputar kebiasaan pengguna di tiap negara tujuan.

"Atase perdagangan kami harapkan bisa memberikan gambaran mengenai consumer behavior termasuk bisa menyampaikan tempat-tempat strategis di mana teman-teman Indonesia bisa invest di letak tersebut," kata Miftah.

Saat produk-produk nan bakal ditawarkan sudah dipetakan, Kemendag berbareng Hippindo bakal membawa delegasi dari Indonesia untuk berjumpa calon penanammodal di ASEAN.

"Memang dari obrolan awal pengusaha ini biasanya punya hatikecil di mana produknya bisa berkembang, salah duanya ya di Malaysia dan Vietnam, tapi kami akan penjelasan lagi di empat forum tadi," ujarnya.

Berita lain dengan Judul: Sandi dukung kebangkitan produk ekraf melalui Creative By Indonesia

Indonesia  telah melakukan penetrasi di sektor industri makanan dan minuman serta fesyen. Untuk produk makanan dan minuman, produk nan sudah masuk pasar ritel Malaysia adalah Kopi Kenangan, Richeese Factory, Sari Ratu, dan J.Co. Sedangkan untuk fesyen, Indonesia membuka Nusantara Fashion House nan berisi jenama-jenama busana Muslim Indonesia.

"Malaysia ini bisa jadi success story juga, jadi penetrasi brand-brand lainnya untuk bisa publish ke ASEAN," kata Miftah.

Maria Cicilia Galuh Prayudhia

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close