Trending

Kemarin, kasus Rafael Alun hingga gugatan PTUN Hotel Sultan - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) - Ragam peristiwa di Indonesia terjadi pada Jumat (3/3) disiarkan BERITAJA.COM dan tetap layak Anda baca kembali untuk info pagi ini.

1. Pengamat: Putusan penundaan Pemilu jadi teror norma ancam demokrasi

Pengamat politik Universitas Jember Muhammad Iqbal mengatakan bahwa putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat nan memvonis Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menunda tahapan Pemilu 2024 dapat menjadi teror norma nan menakut-nakuti demokrasi.

"Itulah teror norma sarat akrobat politik nan beyond the power, di luar kewenangan. Oleh karenanya kudu null and void, batal demi hukum," katanya dalam keterangan tertulis nan diterima di Jember, Jumat.

Selengkapnya baca disini

2. Kemenpan RB: Rafael Alun bisa dipecat jika terbukti bersalah

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menjelaskan bahwa Rafael Alun Trisambodo nan tetap berstatus aparatur sipil negara (ASN) pada Kementerian Keuangan itu bisa dipecat jika terbukti bersalah.

Rafael sebelumnya mengusulkan pengunduran diri sebagai ASN setelah dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Bagian Umum di Kanwil DJP Jakarta II. Namun, permohonan pengunduran dirinya ditolak.

Selengkapnya baca disini

3. Pakar: Opini publik berpengaruh positif dan negatif bagi peradilan

Pakar norma pidana Universitas Diponegoro Semarang Prof. Dr. Pujiyono menilai opini publik mempunyai pengaruh nan kuat, baik positif maupun negatif, pada proses peradilan.

"Secara pribadi, saya menilai di satu sisi opini publik ini baik, dalam makna mengontrol penegakan hukum. Opini publik ini 'kan mempunyai kekuatan pressure," kata Prof. Pujiyono di Semarang, Jumat.

Selengkapnya baca disini

4. Wamenkumham: Gugatan PTUN Hotel Sultan seumpama makanan basi

Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej mengatakan gugatan nan dilayangkan PT Indobuildco ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta mengenai sengketa lahan Hotel Sultan seumpama makanan basi.

Selaku Ketua Dewan Pengawas Pusat Pengelolaan Kawasan Gelora Bung Karno (PPK GBK), Edward menyebut gugatan PT Indobuildco ke tersebut tidak bakal memengaruhi keberlangsungan Tim Transisi Pengelolaan Blok 15 Kawasan PPK GBK nan baru saja diumumkan Pemerintah.

Selengkapnya baca disini

5. Wapres Ma'ruf: Para pejabat negara laporkan LHKPN secara jujur

Wakil Presiden Ma'ruf Amin berambisi agar para pejabat negara dapat menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) secara jujur.

"Kita terus meminta agar kekayaan itu dilaporkan semuanya, baik nan eksekutif, tentu terutama kita harapkan dari legislatif dan yudikatif, semua melaporkan (LHKPN) dengan jujur ya," kata Wapres Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden Jakarta pada Jumat.

Selengkapnya baca disini



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close