Trends

Kediri target ciptakan 3.110 wirausaha baru tahun 2023 - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Kediri (BERITAJA.COM) - Pemerintah Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur, menargetkan menciptakan 3.110 wirausaha baru pada tahun 2023 ini.

"Penciptaan wirausaha baru dengan membikin beragam program training kewirausahaan," kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Dinkop UMTK) Kota Kediri, Bambang Priyambodo di Kediri, Rabu. 

Program training dengan sasaran peserta 3.110 beragam model, nan intinya  peningkatan keterampilan.

"Total usulan peserta 2023 ini adalah 3.110 orang, dari 46 kelurahan. Tahun 2023 ini, kami siapkan 23 jenis training keahlian ke penduduk Kota Kediri," kata dia.

Pihaknya optimistis program tersebut berfaedah dan menjadi bekal mereka menjadi wirausaha baru.

Pemerintah bakal memfasilitasi berupa sertifikat halal, sertifikasi kewenangan kekayaan intelektual, dan beberapa jasa dan memberikan akomodasi support modal kepada wirausaha baru nan dikelola Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri.

Pada 2022 lalu, sebanyak 2.900 peserta dengan 37 jenis pelatihan, dan tidak sedikit diantaranya sekarang sudah merintis upaya sendiri.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kediri Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar menambahkan pihaknya  berkolaborasi dengan dinas untuk program-program pelatihan.

Pihaknya mendukung penuh program nan dibuat untuk menciptakan wirausaha baru tersebut, apalagi  sejalan dengan program pemerintah pusat.

"Saya rasa program ini sejalan dengan pemerintah pusat, tinggal aplikasinya," kata Bunda Fey, sapaan akrabnya.

Ia mengatakan beberapa training juga digelar dekranasda seperti training kuliner, kriya dan kerjasama dengan dinas terkait.

Peresmian program training keahlian dan kewirausahaan itu  digelar di IKCC Kota Kediri, Selasa (7/3/2023) malam turut dihadiri Sekda Kota Kediri, Ketua Dekranasda Kota Kediri, kepala OPD Kota Kediri, seluruh peserta training di 2022, calon peserta training di 2023, dan tamu undangan lainnya.

Asmaul Chusna
Guido Merung
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close