Kapolres : Pelaku pembuang bayi jalani proses diversi - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Tanjung (BERITAJA.COM) - Kepala Kepolisian Resor Tabalong AKBP Anib Bastian mengatakan pelaku (perempuan) pembuang bayi ke Pondok Pesantren Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak bakal menjalani proses diversi lantaran tetap di bawah umur.

"Untuk pelaku (laki-laki) lantaran usianya 19 tahun tetap menjalani proses norma di Polres Tabalong dan telah kita tahan," jelas Anib saat gelar press rilis di Tabalong, Rabu.

Proses diversi atau pengalihan penyelesaian perkara pidana anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana bakal dilaksanakan selama 14 hari dengan perpanjangan tujuh hari.

 "Proses diversi kelak ditentukan oleh pihak mengenai ialah Dinas Sosial, si pelaku diproses norma alias dikembalikan ke orang tuanya," tambah Anib.

 Dalam proses diversi itu sendiri melibatkan anak, orangtua alias wali serta pekerja sosial kemasyarakatan. Hal ini merujuk undang-undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (UU SPPA) dan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 04 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Diversi.

Sedangkan untuk pelaku (laki-laki) pembuang bayi nan baru berumur satu hari bakal dikenakan tindak pidana mengenai Pasal 305 KUHP nan menyebut peralatan siapa menempatkan anak nan umurnya belum tujuh tahun untuk ditemukan alias meninggalkan anak itu dengan maksud untuk melepaskan diri daripadanya, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun enam bulan.  

Termasuk ancaman Pasal 307 KUHP dan alias 308 KUHP. Kedua pelaku sendiri berstatus pacaran dan bayi nan dibuang ke Ponpes Hidayatullah Desa Maburai merupakan hasil hubungan di luar nikah.

Dengan argumen panik kedua pelaku nekat membuang bayi berjenis kelamin laki-laki dan akhirnya sukses ditangkap personil Satrrskrim Polres Tabalong berbareng sejumlah peralatan bukti.





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close