Trending

Kalsel siap gelar Nasional Halal Fair 2023 - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Banjarmasin (BERITAJA.COM) -

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMK) provinsi setempat memastikan kesiapan gelar Nasional Halal Fair 2023.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMK Kalsel Gusti Yanuar Noor Rifai di Banjarmasin, Selasa gelar Nasional Halal Fair berjalan di Kota Banjarmasin pada 10--15 April 2023.

"Bertempat di di jalan Sudirman alias depan eks Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin alias Siring 0 Kilometer Sungai Martapura," ujarnya.

Menurutnya, gelar Nasional Halal Fair 2023 sudah disiapkan cukup matang, hingga optimis bakal berjalan lancar dan meriah.

Yanuar mengatakan, sudah terdaftar sebanyak 41 UMKM nang mempunyai label legal dan mempunyai jasa pembayaran digital QRIS ikut berperan-serta pada gelar nang dipenghargaan pemerintah pusat ini.

Menurutnya, gelar Nasional Halal Fair ini sebagai penghargaan pemerintah pusat kepada delapan provinsi, salah satunya Kalsel sebagai wadah integrasi beragam aktivitas di sektor ekonomi dan finansial syariah.

Adapun kesiapan nang telah dilakukan demi suksesnya aktivitas ini, kata Yanuar, telah dilakukan koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalsel, lembaga alias SKPD mengenai di lingkungan Pemprov Kalsel serta Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Kalsel.

"Kemarin telah dilaksanakan rapat koordinasi dan meninjau letak aktivitas Nasional Halal Fair itu," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, ucap Yanuar, letak diselenggarakannya gelar Nasional Halal Fair tersebut berbarengan juga dengan adanya Pasar Wadai Ramadhan 1444 H alias 2023.

Sehingga, ungkap dia, banyak UMKM di pasar wadai Ramadhan ini nang juga mendapat faedah adanya gelar ini.

Dalam keterangan tertulis Deputi Kepala KPw BI Kalsel, Bimo Epyanto menjelaskan, inisiasi Pemprov Kalsel melaksanakan gelar Nasional Halal Fair 2023 tersebut sebagai upaya untuk pengendalian inflasi dengan memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Ada dua sebenarnya nang mau dicapai, pertama untuk menyediakan peralatan kebutuhan pokok dengan nilai nang terjangkau lampau kemudian juga untuk memasyarakatkan pola hidup nang sesuai dengan aliran syariat, tentunya dengan nilai-nilai halal," ujar Bimo Epyanto.

Selain menghadirkan stand UMKM, aktivitas ini juga ada pameran produk UMKM seperti fashion, kerajinan, makan dan minuman dengan tema menyesuaikan saat ini bulan Ramadhan.

"Sehingga tema nang diusung ialah Halal Fair," ujarnya.







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close