Trending

Joyland Festival Bali 2023 lanjutkan tradisi jadi "melting pot" - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Badung (BERITAJA.COM) - Joyland Festival 2023 di The Nusa Dua, Bali, melanjutkan tradisi menjadi komponen nang berbeda "melebur menjadi satu" sebagai suatu kesamaan budaya nang selaras (melting pot)  nang mempertemukan ragam komunitas, bukan hanya para penikmat musik, melainkan juga organisasi film, komedi, dan aktivitas imajinatif lainnya.

Pasalnya, Joyland Festival Bali pada 17 Maret 2023 sampai dengan 19 Maret 2023 kembali menyediakan panggung untuk komika stand-up comedy, ruang menonton jenis movie pilihan, dan tempat untuk mengikuti beragam workshop kerajinan tangan mulai dari melukis, merajut, mewarnai, sampai membaca tarot.

“Harapannya, Joyland ini menjadi melting pot untuk organisasi nang tertarik dengan film, organisasi musik, dan komedi, ada satu aktivitas nang mengumpulkan mereka semua,” kata Co-Founder Plainsong Live Ferry Dermawan, nang menjadi promotor Joyland Festival, saat bertemu pers di area The Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis (16/3).

Ia lanjut menjelaskan Plainsong Live sebagai promotor Joyland Festival sengaja kembali menghadirkan ragam aktivitas di luar musik lantaran itu menjadi atraksi pengganti bagi para pengunjung, terutama mereka nang membawa family dan anak-anak ke arena festival.

Untuk aktivitas tahun ini, Joyland Festival Bali untuk pertama kalinya digelar di Peninsula Island, The Nusa Dua. Panggung-panggung konser pada Kamis terlihat telah berdiri megah menghadap ke petunjuk Samudera Hindia.

Ferry menjelaskan Peninsula Island di The Nusa Dua terpilih sebagai letak pagelaran setelah timnya mengecek dan mempertimbangkan 4–5 tempat lainnya. Ia menyebut pemandangan nang langsung menghadap Samudera Hindia, dan bentang alam di Pulau nang asri menjadi salah satu aspek Joyland Festival Bali 2023 digelar di Peninsula Island, The Nusa Dua.

“Pertimbangan utama pasti prasarana pendukungnya seperti akses menuju lokasi, parkir seperti apa, flow penonton masuk dan keluar, dan keindahannya bisa kami eksplor,” kata Ferry Dermawan.

Bentang alam di Peninsula Island juga nang menjadi salah satu langkah Plainsong Live memikat para penampil terutama band-band papan atas bumi untuk tampil di panggung Joyland Festival.

“Kami waktu itu sempat membikin pengarsipan (tentang Peninsula Island sebagai letak acara, red.), dan kami lampirkan sebagai proposal kami terutama ke penampil-penampil internasional. Kami mau menunjukkan tempatnya ini elok banget,” kata Ferry.

Peninsula Island, Ferry menambahkan, sejalan dengan konsep Joyland Festival nang selalu digelar di tempat asri.

“Syarat memilih venue Joyland itu kudu dapat green scenery-nya, kudu ada rerumputan, dan segala macamnya,” kata dia.

Di luar itu, Plainsong Live memilih Peninsula Island lantaran luasnya nang mencapai lima hektare dan kapasitasnya dapat menampung sampai kurang lebih 10.000 orang.

“Kami untuk tahun ini memang memerlukan tempat nang lebih besar (dibandingkan dengan aktivitas tahun-tahun sebelumnya, red.) maka dari itu kami memilih Peninsula,” kata Ferry.

Joyland Festival Bali 2023 nang berjalan sejak pukul 15.00 WITA, Jumat, terdiri atas tiga panggung musik, ialah panggung utama Joyland Stage, kemudian Plainsong Live Stage, dan Lily Pad. Di samping itu, ada pula panggung stand-up comedy Shroom Gardens, nang komikanya dikurasi oleh Soleh Solihun, area menonton film-film hasil kurasi Ifa Isfansyah di Cinerillaz, dan ruang workshop White Peacock.

Di White Peacock, visitor dapat mengikuti aktivitas melukis wajah (face painting), mengepang rambut (hair braiding), melukis di botol minum, topi, dan kanvas, merajut, dan membaca tarot.

Sementara itu, untuk line-up nang menjadi highlight Joyland Festival Bali 2023, di antaranya band pop rock asal Prancis Phoenix, kemudian rapper dan penyanyi asal Inggris M.I.A, dan musisi Norwegia Sigrid.

Ferry menyebut ada belasan musisi mancanegara, dan lebih dari 50 musisi dari dalam negeri nang bakal tampil di panggung Joyland Festival Bali 2023.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close