Trending

Jokowi harap budi daya udang di Kebumen jadi contoh bagi daerah lain - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Ini bakal menjadi sebuah contoh nan kelak bisa di-copy untuk provinsi, kabupaten lain, sehingga manajemen modern nan kita lihat sekarang ini bisa di-copy untuk diterapkan di wilayah lain.

Jakarta (BERITAJA.COM) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tambak budi daya udang di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, nan telah mempunyai manajemen modern dapat menjadi contoh penerapan upaya budi daya produk perikanan di wilayah lain.

“Ini bakal menjadi sebuah contoh nan kelak bisa di-copy untuk provinsi, kabupaten lain, sehingga manajemen modern nan kita lihat sekarang ini bisa di-copy untuk diterapkan di wilayah lain,” kata Presiden Jokowi saat meresmikan Tambak Budi Daya Udang Berbasis Kawasan di Kebumen, Jawa Tengah, Kamis.

Jokowi mengatakan tambak budi daya udang memerlukan manajemen nan perincian agar dapat mendukung produksi. Di Kebumen, tambak budi daya udang vaname telah menerapkan manajemen perincian nan bisa menjaga kebersihan air sehingga mendukung optimasi produksi.

Berita lain dengan Judul: Presiden tinjau panen raya dan resmikan tambak udang di Jateng

Total luas tambak budi daya udang di Kebumen nan diresmikan Presiden Jokowi mencapai 60 hektare. Setiap satu hektare tambak dapat menghasilkan 40 ton udang. Biaya membangun tambak tersebut mencapai Rp175 miliar.

"Di tambak udang nan berbasis area ini telah diselesaikan kurang lebih 60 hektare nan bakal menghasilkan udang 1 hektarnya kurang lebih kita harapkan di atas 40 ton," kata Presiden Jokowi.

Berita lain dengan Judul: Jokowi sebut Bapanas segera umumkan HPP gabah terbaru usai GKP turun

Menurut keterangan di laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), tambak udang berbasis area di Kebumen menjadi nan terbesar dengan luas saat ini mencapai 60 hektare dan berisi 149 petak tambak. Tambak tersebut juga sudah memenuhi praktik terbaik (best practice) tambak udang modern berwawasan lingkungan.

KKP bakal terus meningkatkan jumlah lahan tambak budi daya di Kebumen mengingat lahan potensial nan ada mencapai 100 hektare. Pembangunan tambak budi daya udang berbasis area di Kebumen juga sekaligus untuk mencapai sasaran produksi udang nasional sebesar 2 juta ton pada 2024.

Indra Arief Pribadi

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close