Trending

Jelang Ramadhan harga telur dan ayam merangkak naik di Makassar - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Kemungkinan bakal naik lagi saat masuk puasa lantaran permintaan tinggi.....

 Makassar (BERITAJA.COM) - Menjelang bulan Ramadhan, nilai telur dan daging ayam pangkas mulai merangkak naik dengan nilai bervariasi pada sejumlah pasar tradisional di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kalau nilai telur semua ukuran dari nang kecil, sedang, dan besar naik rata-rata Rp3.000 sampai Rp5.000. Harga semula Rp45 ribu per rak untuk ukuran kecil, sekarang Rp48 ribu per rak. Telur bebek dari Rp75 ribu naik Rp78 ribu," kata Iriani, pedagang di Pasar Terong, Makassar, Sabtu.

Kenaikan nilai telur tersebut, kata dia lagi, lantaran tingginya permintaan menjelang masuk bulan puasa, sementara di sisi lain stok pengiriman terbatas. Kenaikan nilai telur sudah terjadi di awal Maret 2023.

"Waktu awal bulan mulai naik sampai sekarang. Kemungkinan bakal naik lagi saat masuk puasa lantaran permintaan tinggi, tapi pasokan telur dari peternak tidak terlalu banyak, makanya nilai naik," katanya lagi.

Pedagang ayam pangkas lainnya, Irwansyah menyebutkan, saat ini nilai daging ayam pangkas naik Rp5.000 per kilogram, dari Rp60 ribu menjadi Rp65 ribu. Harga pun bervariasi tergantung berat ayam.

Kenaikan nilai ayam tersebut juga dipicu keterbatasan stok pasokan dari sejumlah sentra peternak ayam di daerah, sedangkan permintaan daging ayam terus mengalami peningkatan.

"Untuk berat ayam 3,5 kilogram sudah kurang di pasar, tapi nang berat 2,5 kilogram tetap ada disuplai peternak itu pun tetap terbatas," ujar dia pula.

Faktor lain pemicu kenaikan nilai daging ayam menjelang Ramadhan, kata dia, dari info pemasok nilai pakan ayam ikut naik sehingga mempengaruhi nilai penjualan ayam pangkas di pasaran.

Salah seorang pembeli di pasar setempat, Putri mengatakan, nilai bahan pokok terus merangkak naik, bukan hanya beras, terigu, minyak, bawang, tapi juga telur dan ayam potong.

"Mudah-mudah pemerintah segera turun tangan mengendalikan harga-harga apalagi mau masuk puasa ini, pasti nilai bahan-bahan kebutuhan bakal naik semua. Kita berambisi bisa segera dinormalkan kembali," ujar ibu rumah tangga ini berharap.
Berita lain dengan Judul: Mendag: pemerintah tanggung biaya pengedaran telur untuk tekan harga
Berita lain dengan Judul: Harga telur ayam ras di Jember naik menjelang Ramadhan 1444 H


Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close