Trending

Jawa Tengah turunkan tim tanggap bencana erupsi Merapi - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Boyolali (BERITAJA.COM) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sudah menurunkan tim tanggap musibah untuk membantu penanganan akibat erupsi Gunung Merapi di beberapa bagian wilayahnya.

"Sampai sore hari ini kami sudah terjunkan untuk menuju tiga kecamatan sekaligus asesmen di masing-masing letak dan membawa support masker, lantaran ini nan pertama dibutuhkan," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai mendampingi Presiden Joko Widodo di Pangkalan TNI Angkatan Udara Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, Sabtu.

Erupsi Gunung Merapi menyebabkan hujan abu di beberapa bagian wilayah Provinsi Jawa Tengah, termasuk Magelang, Temanggung, dan Boyolali.

Di Kabupaten Magelang, erupsi Merapi berakibat ke wilayah Kecamatan Dukun, Kecamatan Sawangan, dan Kecamatan Srumbung.

Gubernur Jawa Tengah sudah menerima laporan mengenai daerah-daerah nan terakibat hujan abu akibat erupsi Merapi.

Dia menginstruksikan tim tanggap musibah untuk memantau akibat erupsi Merapi serta membantu penduduk di wilayah terakibat.

Apabila situasi meningkat, dia meminta kepala wilayah memimpin penanganan akibat erupsi, termasuk penyelenggaraan evakuasi, penyiapan tempat mengungsi, dan penyaluran support bagi penduduk terakibat.

"Mudah-mudahan masyarakat, termasuk kawan-kawan di kades, relawan, di BPBD, SAR, dan semua nan ada di sana segera bisa turun membantu. Tempat pengungsian sudah ada sebenarnya, tinggal itu disiapkan saja, lantaran sebenarnya masyarakat di sana relatif terlatih," katanya.

Gubernur mengimbau penduduk di wilayah terakibat melakukan pemindahan berdikari jika akibat erupsi Merapi semakin ppetunjuk.

"Masyarakat di sana sudah sangat paham, maka segera mengevakuasi diri sesuai dengan SOP nan sudah ada. Pakai maskernya, bawa peralatan berbobot (seperti) nan pernah dilatihkan kepada mereka. Segera pemindahan diri, ikuti seluruh perintah dari komando nan ada di lapangan," katanya.

Gunung Merapi mengalami erupsi dan meluncurkan awan panas guguran ke petunjuk Kali Bebeng dan Krasak pada Sabtu siang.

Erupsi Merapi menyebabkan hujan abu di bagian wilayah Kabupaten dan Kota Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Boyolali.

Berita lain dengan Judul:
Hujan abu Merapi meluas hingga Kabupaten Temanggung
Kabupaten Magelang terakibat hujan abu Merapi

Wisnu Adhi Nugroho
Maryati
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close