Trending

Jasamarga antisipasi kemacetan di gerbang Tol Colomadu - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Semarang (BERITAJA.COM) - PT Jasamarga Solo Ngawi menyiapkan antisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan di gerbang Tol Colomadu di ruas Tol Solo-Ngawi jika jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta dibuka saat arus mudik dan kembali Lebaran tahun ini.

"Jika terjadi peningkatan kendaraan nang masuk ke tol fungsional Solo-Yogyakarta melalui persimpangan Ngasem, ekornya tentu bakal berakibat ke gerbang Tol Colomadu," kata Direktur Utama PT PT Jasamarga Solo Ngawi, Mery Natacha, di Semarang, Selasa.

Tol fungsional Solo-Yogyakarta sepanjang 6 Km bakal mulai dibuka pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

Akses tol dimulai dari simpang Ngasem di Jalan Raya Solo-Boyolali dan keluar di wilayah Sawit nang merupakan akses Jalan Raya Solo-Klaten.

Mery mengatakan kenaikan arus kendaraan di gerbang Tol Colomadu akibat pembukaan tol fungsional Solo-Yogyakarta itu mencapai sembilan persen.

Ia menambahkan rim pengurai telah disiapkan untuk mengantisipasi kemacetan nang diperkirakan mengekor hingga gerbang Colomadu itu.

"Harus ada diskresi nang ditentukan dengan jam fungsional tol," katanya.

 Direktur Keuangan dan Umum PT Joglo Solo Marga Makmur Yhanni Haryanto mengatakan tol fungsional tersebut dibuka terbatas mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB, tergantung dengan situasi kepadatan lampau lintas.

Adapun untuk perlakuan arus kendaraan nang melintas, kata dia, untuk masa arus mudik kendaraan nang melintas hanya satu aras dari simpang Ngasem menuju ke Sawit.

Sementara saat arus balik, kata dia, hanya satu petunjuk untuk kendaraan dari Yogyakarta menuju Solo melalui akses tol di wilayah Sawit.

Pembukaan jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta itu, kata dia, diharapkan menekan nomor kepadatan lampau lintas, khususnya di simpang Kartasura nang merupakan titik pertemuan kendaraan dari petunjuk Solo, Semarang, dan Yogyakarta.

Immanuel Citra Senjaya

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close