Trends

Jakbar pangkas 14.728 pohon untuk antisipasi tumbang - Beritaja

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
beritaja.com

Wilayah jadi rapi dan lampau lintas aman

Jakarta (BERITAJA.COM) - Pemerintah Kota Jakarta Barat memangkas 14.728 pohon selama 2023 untuk menjaga keelokan wilayah dan mengantisipasi tumbang di musim hujan ini.

"Dari awal Januari hingga tanggal 4 Desember 2023 sebanyak 14.728 pohon telah dipapas/ditoping di Jakarta Barat," kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan (Tamhut) Kota Jakarta Barat, Romy Sidharta saat dihubungi di Jakarta pada Rabu.

Adapun pemangkasan 14.728 pohon tersebut, kata Romy, terdiri dari pemangkasan kategori ringan 11.198 pohon, sedang 2.492 pohon dan berat 1.038 pohon.

Pemangkasan pohon tersebut sebagai
merupakan tindak lanjut permintaan penduduk dan aktivitas rutin Suku Dinas (Sudin) Tamhut dalam rangka pemeliharaan wilayah.

"Yang pertama ini untuk estetika ya, keelokan wilayah. Terus kemudian untuk menjaga agar ruang jalan tetap luas, tidak terhalang dahan-dahan pohon," ujar Romy.

Baca juga: Di Jakarta Barat, 304 pohon sempal dan tumbang sepanjang 2021
Baca juga: Pemkot Jakbar pangkas 6.754 pohon selama 2022

Selain untuk menjaga keelokan alias estetika wilayah, pemangkasan pohon ditujukan agar ruang jalan menjadi lebih luas. Pemangkasan juga untuk mengantisipasi pohon tumbang akibat kelebihan beban.​​​​​​​

Selain itu, kata Romy, pohon yang bercabang lebat berpotensi tumbang saat angin kencang sehingga dapat membahayakan lampau lintas dan merusak beton pelindung pohon.

"Kalau kelebihan beban kan tidak seimbang, apalagi saat angin kencang. Nah, jika tumbang kan bisa ancaman buat lampau lintas, beton pelindungnya juga bisa rusak," ungkap Romy.

Sepanjang tahun ini kita sudah 101 pohon tumbang di Jakarta Barat (Jakbar).

Romy menjelaskan pemangkasan belasan ribu pohon tersebut dilakukan di delapan kecamatan. Pohon-pohon itu ada di pinggir jalan protol, arteri dan lingkungan warga.

"Wilayah jadi rapi dan lampau lintas aman," katanya.
 


Editor: Mahfud
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close