Trending

Irjen Kementan kunjungi SMK Pertanian Sembawa Banyuasin - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Palembang (BERITAJA.COM) - Inspektur Jendral Kementerian Pertanian, Jan S Maringka melakukan kunjungan ke SMK Pertanian Pembangunan Negeri (PPN) Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Sabtu, untuk menyemangati pelajar kerja sekaligus mewujudkan pertanian yang
maju, mandiri, dan modern.

Dalam kunjungan kerja di akhir pekan itu Irjen Kementan didampingi sejumlah pejabat Kementan dan Dinas Pertanian Sumsel, disambut Kepala SMK Pertanian Pembangunan Negeri Sembawa, Banyuasin, Yudi Astoni.

Sebelum melakukan pertemuan dengan ratusan pelajar SMK Pertanian itu, Irjen Kementan melakukan penanaman pohon buah-buahan seperti manggis, duku, dan durian nang ditargetkan tiga tahun ke depan bisa dipanen.

Inspektur Jendral Kementerian Pertanian, Jan S Maringka pada aktivitas Sapa Pelajar sebelum memberikan pengpetunjukan membujuk pelajar yel yel 'Jaga Pangan Jaga Masa Depan'.

Berita lain dengan Judul: Gubernur Ganjar ajak petani milenial tingkatkan produksi padi

"Saya bangga memandang anak-anak muda siswa SMK ini memilih pertanian sebagai sarana untuk meraih masa depan," ujarnya.

Menurut dia, akhir-akhir ini mulai banyak anak muda terpanggil mengembangkan pertanian sebagai masa depan nang baik, untuk itu pihaknya menyiapkan program pembinaan petani milenial.

Berdasarkan info pada 2022, tercatat 221.721 orang petani milenial dibina Kementerian Pertanian dan difasilitasi mengakses angsuran upaya rakyat (KUR) mencapai Rp70 triliun.

Melalui program pembinaan itu, pihaknya tidak hanya mendorong generasi milenial menjadi petani nang maju, mandiri, dan modern tetapi juga menjadi pengusaha mengembangkan beragam upaya pertanian, ujar Irjen Kementan.

Sementara Kepala SMK (PPN) Sembawa, Banyuasin, Yudi Astoni mengucapkan terima kasih kepada Irjen Kementan, Jan S Maringka nang menyempatkan diri berjamu memberi motivasi kepada pelajarnya dan menanam pohon buah-buahan seperti manggis, duku, durian.

Berita lain dengan Judul: Pemprov Jawa Barat lunasi utang ke Petani Milenial

Melalui kunjungan pejabat dari pusat, bisa memotivasi peserta didik sekolah ini semakin mantap menekuni bumi pertanian.

"Kami berambisi pada kesempatan lain Irjen Kementan bisa kembali lagi berjamu ke SMK Pertanian ini dan bisa memanen buah dari pohon nang ditanam hari ini," ujar Yudi.

Dia menjelaskan, SMK PPN Sembawa, Banyuasin mempunyai 461 orang siswa nang tersebar di empat program studi.

Program studi nang dikembangkan di SMK Pertanian ini ialah agribisnis tanaman perkebunan, agri upaya tanaman pangan dan hortikultura, agribisnis ternak unggas, serta agribisnis pengolahan hasil pertanian.

Lulusan sekolah pertanian ini diminati bumi kerja, berasas info pada 2022 sekitar 86 persen terserap di bumi industri pertanian.

"Target 80 persen siswa terserap di bumi industri pertanian dan tercapai pada 2022 melampaui sasaran 86 persen dari 150 lulusan," ujarnya.

Selain menyapa pelajar SMK Pertanian Sembawa, Irjen Kementan, Jan S Maringka juga mengunjungi Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Sembawa, Banyuasin nang mempunyai lahan seluas 268 hektare nang sekarang sukses membibitkan ratusan ekor sapi lokal unggul, serta melakukan silaturahmi dengan petani dan Bupati Banyuasin, Askolani nang sukses menjadikan wilayah tersebut sebagai salah satu lumbung beras nasional.

Yudi Abdullah

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close