Iran umumkan penangkapan pertama pada kasus keracunan siswi sekolah - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Teheran (BERITAJA.COM) - Otoritas Iran pada Selasa (7/3) mengumumkan tentang penangkapan pertama mengenai serangkaian kasus keracunan pada siswi sekolah nan mengguncangkan negara itu selama beberapa bulan terakhir.

Wakil Menteri Dalam Negeri Majid Mirahmadi mengatakan kepada TV nasional bahwa beberapa orang telah ditangkap di lima provinsi.

“Berdasarkan langkah intelijen dan penelitian badan intelijen beberapa orang telah ditangkap di lima provinsi dan lembaga mengenai sedang melakukan penyelidikan mendalam,” kata Mirahmadi.

Mirahmadi tidak merinci jumlah orang nan ditangkap ataupun identitas mereka, seraya menambahkan bahwa hasil akhir bakal diumumkan setelah penyelidikan selesai.

Dia juga menekankan pentingnya mengetahui rencana musuh, nan dia sebut berupaya memicu ketakutan, kekhawatiran dan gangguan pada sistem pendidikan di negara itu.

Lebih dari 1.200 siswi sekolah dari seluruh negeri dirawat di rumah sakit dalam beberapa bulan belakangan dengan indikasi keracunan, menurut media negara. Namun, media reformis menyebut nomor nan lebih tinggi.

Kasus pertama keracunan dilaporkan pada November di kota Iran tengah Qom, saat 18 siswi dimasukkan ke rumah sakit setelah mengeluhkan indikasi seperti mual, sakit kepala dan susah bernapas, batuk dan nyeri tubuh.

Dalam beberapa pekan selanjutnya, kejadian itu meluas ke kota lain, termasuk Teheran, Ardabil, Isfahan, Kermanshah, Azerbaijan, Bandar Abbas, Urmia, Zanjan dan Mashhad.

Pekan lalu, Presiden Ebrahim Raisi memerintahkan penyelidikan atas penyakit misterius tersebut, serta menginstruksikan Menteri Dalam Negeri Ahmad Vahidi mencari akar masalah dari kasus nan menyebabkan tindakan protes di sejumlah kota.

Pada laporan pembukaan nan diberikan Senin (6/3) malam, Vahidi mengatakan tidak ditemukannya substansi racun pada sampel nan diambil dari siswi terakibat, serta menambahkan bahwa penyebar rumor telah diadili.

Laporan tersebut menyatakan unsur iritasi nan menyebabkan indikasi keracunan, ditemukan pada kurang dari lima persen siswi, serta menambahkan bahwa perihal tersebut merupakan tindakan kejahatan yang disengaja.

Wakil Menteri Kesehatan Saeed Karimi mengatakan bahwa komite ilmiah nan menyelidiki kasus tersebut telah mengunjungi banyak provinsi dan menemukan bahwa unsur penyebab peristiwa keracunan itu bukanlah jenis berbahaya.

Karimi mengatakan bahwa unsur iritasi nan digunakan pada kasus keracunan hanya mempengaruhi 10 persen siswi dengan langkah dihirup sehingga menyebabkan beragam indikasi keracunan.

Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei pada Senin menyebut rangkaian keracunan sebagai dosa besar dan tak termaafkan, serta menginstruksikan otoritas untuk menyelidiki masalah ini dengan serius.

“Jika terbukti para siswi diracun, pelaku kejahatan ini kudu dihukum berat. Tidak bakal ada pemaafan bagi mereka," ujar Khamenei dalam video nan dirilis kantornya.

Kepala pengadilan Mohseni Ejei juga menyebut peristiwa keracunan itu sebagai contoh penyelewengan di muka bumi serta memperingatkan bakal menjatuhkan balasan berefek jera bagi mereka nan terlibat baik langsung maupun tak langsung.

Pejabat tinggi Iran mengaitkan kegaduhan nan berasosiasi dengan penyakit misterius itu sebagai musuh, menyiratkan negara-negara Barat.

Pada pertemuan umum di kota selatan Bushehr Jumat (3/3) lalu, Presiden Raisi mengatakan keracunan pada siswi sekolah merupakan bagian dari perang hibrida melawan Iran guna menimbulkan keresahan.

Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian melalui Twitter juga mengkritisi negara Barat atas reaksi turut kombinasi mereka atas masalah tersebut, setelah Amerika Serikat dan Jerman menyerukan penyelidikan mengenai itu.

Sumber: Anadolu

Berita lain dengan Judul: Iran selidiki kasus keracunan misterius ratusan siswi sekolah

:

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close