Trending

Ini alasan DKI raih penghargaan penggunaan produk dalam negeri - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

karena Provinsi DKI Jakarta juga telah membentuk Tim P3DN

Jakarta (BERITAJA.COM) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meraih Pengguna Produk Dalam Negeri Terbaik Tahun 2022 dari Kementerian Perindustrian tahun ini lantaran terpacu oleh Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2018 tentang Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

"Ini lantaran Provinsi DKI Jakarta juga telah membentuk Tim P3DN sebagai perpanjangan tangan Tim P3DN Nasional lewat Keputusan Gubernur Nomor 217 Tahun 2022 tentang Tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Sebelumnya, piala penghargaan Pengguna Produk Dalam Negeri Terbaik 2022 dari Kementerian Perindustrian itu telah diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi kepada Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Istora Senayan, Jakarta Pusat, pada Rabu (15/3) .

Heru melanjutkan, realisasi penggunaan produk dalam negeri di DKI Jakarta pada 2022 mencapai Rp20,454 triliun alias 180,47 persen dari komitmen awal untuk aktivitas afirmasi bangga buatan Indonesia Provinsi DKI Jakarta nang hanya sebesar Rp11,334 triliun.

Berita lain dengan Judul: DKI catat serapan produk dalam negeri capai Rp8,5 triliun

Beragam upaya nang dilakukan Tim P3DN DKI Jakarta mendorong penggunaan produk dalam negeri, yaitu: berperan-serta aktif dalam pencocokan upaya (business matching) nasional tahap I hingga tahap IV dan mendorong organisasi perangkat wilayah (OPD) membelanjakan produk bersertifikat tingkat komponen dalam negeri (TDKN) melalui e-katalog dan e-order.

"Selain itu, juga mencantumkan penggunaan produk dalam negeri dalam mewujudkan kerangka referensi kerja dan kontrak," katanya.

Selanjutnya, Tim P3DN memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan P3DN di DKI Jakarta secara rutin setiap dua pekan sekali, mengadakan aktivitas pencocokan upaya secara internal untuk mempertemukan kebutuhan pengadaan peralatan pemerintah dengan para produsen produk bersertifikat TKDN.

Lalu, melakukan pendampingan saat proses pemasukan info (input) realisasi shopping produk dalam negeri (PDN) dalam sistem aplikasi pelaporan Sistem Pengawasan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (Siswas BPKP).

Berita lain dengan Judul: Pemprov DKI prioritaskan produk lokal untuk shopping daerah

Juga, jasa pengadaan secara elektronik (LPSE) melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) Kementerian Dalam Negeri.

Selain itu, Tim P3DN juga terus menyosialisasikan alur sertifikasi TKDN dan pendaftaran produk pada e-Katalog LKPP kepada perusahaan industri besar dan industri mini menengah (IKM) agar bisa ikut serta menyerap produksi buatan dalam negeri.

Heru berambisi penghargaan nang diberikan ke Provinsi DKI Jakarta itu dapat semakin mendukung penggunaan produk dalam negeri agar mendongkrak pertumbuhan ekonomi bangsa.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close