Trends

Info Haji- Kemenag minta pembimbing haji beri pelatihan fisik untuk jamaah - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - Kementerian Agama meminta pembimbing haji dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) agar memberikan training bentuk jamaah calon haji, selain penguatan pemahaman ibadah.

"Selain memberikan manasik nan sifatnya baca-bacaan, dzikir, tahmid, tahlil, tasbih, alias doa-doa, saya minta para pembimbing membina jamaah dengan latihan fisik," ujar Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Arsyad Hidayat di Jakarta, Senin.

Arsyad mengatakan training bentuk ini krusial dilakukan mengingat seluruh rangkaian wajib ibadah haji memerlukan kondisi tubuh nan prima, di antaranya melaksanakan mabit di Mina, lempar jumrah, dan wukuf di Arafah.

Berita lain dengan Judul: BPKH ajak pembimbing haji-KBIHU sosialisasi biaya haji berkelanjutan

Kesiapan bentuk ini menjadi salah satu konsep istithaah alias keahlian berhaji. Selain kesiapan biaya, jamaah calon haji juga mesti mempunyai kesiapan fisik.

"Malah jika saya memandang ibadah haji ibadah fisiknya lebih dominan maka training nan sifatnya bentuk itu menurut saya nilai nan tidak bisa ditawar lagi," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta penyelenggaraan ibadah haji 1444 Hijriah/2023 Masehi dipersiapkan secara perincian dan hati-hati, lantaran bakal menjadi kunci keberhasilan penyelenggaraan haji.

"Pelaksanaan ibadah haji ini salah satu core pelayanan Kemenag, meski banyak pelayanan lainnya seperti pendidikan dan keagamaan, namun seringkali haji nan menyedot perhatian publik. Oleh lantaran itu, persiapannya sangat penting, saya minta dilakukan dengan hati-hati dan detail," ujar Yaqut.

Berita lain dengan Judul: Kemenag survei ke RPH Arab Saudi untuk perbaikan tata kelola Dam haji

Beberapa perihal nan menjadi sorotan Menag Yaqut adalah mengenai pelayanan lansia, khususnya bangku roda. Yaqut meminta pengadaan bangku roda kudu proporsional dengan jumlah lansia nan tahun ini mencapai 62 ribu orang.

Selain kesiapan bangku roda, Yaqut juga meminta petugas sigap dalam melayani jamaah terutama lansia.

"Kalau bisa jangan hanya bangku roda, namun juga mobil golf nan perlu dipersiapkan, itu pasti bakal sangat membantu para jamaah," kata dia.

Berita lain dengan Judul: Menag ingatkan jejeran agar jamaah lansia dapat pelayanan khusus

Tak hanya itu guna memudahkan jamaah, Menag Yaqut juga mau identitas petugas haji agar lebih mencolok dan terlihat. Hal ini dimaksudkan agar para jamaah, terutama nan lansia, lebih mudah mengenali petugas saat memerlukan pertolongan.

Asep Firmansyah
Bambang Sutopo Hadi





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close