Trends

Inflasi dan pergerakan pemudik jadi perhatian Ganjar jelang Ramadhan - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Semarang (BERITAJA.COM) - Inflasi dan pergerakan pemudik menjadi perhatian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta jajarannya menjelang Ramadhan serta Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Ini momentum nan mesti kita perhatikan kaitannya dengan kebutuhan masyarakat sekaligus pengendalian inflasi,” kata Ganjar usai Rapat Koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah di Semarang, Rabu.

Orang nomor satu di Jateng itu menyebut inflasi tetap membayangi jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah terutama mengenai dengan nilai beras di Jateng nan tetap Rp11.270 per kilogram dari nilai referensi pembelian nan ditetapkan Bapanas ialah Rp9.450/kg.

“Beras kan panen raya udah melangkah dan harganya mulai turun, tapi jangan sampai petani rugi maka Bulog kami minta untuk stand by,” ujarnya.

Ganjar juga meminta Bulog terus siaga memantau kondisi nilai gabah kering panen di petani sehingga jika nantinya nilai terus menurun dari nilai referensi pembelian, maka saatnya Bulog mengintervensi.

Pada rakor tersebut, mantan personil DPR RI itu juga meminta seluruh BUMD di Jateng turut serta dalam persiapan menghadapi situasi di jelang Ramadhan dan Idul Fitri.

Ketua PP Kagama ini mengungkapkan, hambatan nan dihadapi saat ini adalah sulitnya mengetahui pergerakan beras dari hasil panen raya.

BUMD juga diminta untuk mendata produktivitas lahan nan ada, serta potensi nan rawan terganggu saat cuaca ekstrem.

“BUMD khususnya nan urusan pangan coba semua berkoordinasi untuk mengecek stoknya ada berapa, harganya seperti apa, Anda ngambil dari mana, Anda jualnya kemana,” katanya.

Hal berikutnya nan menjadi perhatian Pemprov Jateng adalah mengenai dengan kesiapan menghadapi pergerakan pemudik.

Ganjar mengatakan pada tahun ini diprediksi terjadi kenaikan jumlah pemudik mencapai 13,38 persen alias sekitar 12 juta pemudik melintas Jawa Tengah.

“Saya mintakan untuk semua siaga sampai dengan lebaran kelak membikin simulasi agar bisa mengelola arus mudik nan diperkirakan sampai 12 juta nan bakal masuk ke Jawa Tengah. Jadi ini persiapan-persiapan nan kudu saya kira, jauh lebih awal bakal lebih baik,” ujarnya.

Berita lain dengan Judul: Gubernur Ganjar ajak petani milenial tingkatkan produksi padi

Berita lain dengan Judul: Ganjar gandeng Bulog-Polda tangani inflasi di Jateng

Wisnu Adhi Nugroho
Nurul Aulia Badar
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close