Trends

InDrive kembangkan ekosistem startup Indonesia lewat program UpDrive - Beritaja

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - Jenama jasa berbagi tumpangan inDrive mengadakan program UpDrive di Indonesia sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan ekosistem startup di area Asia Tenggara.

Ketua Program Startup inDrive Daria Shubina di Jakarta, Selasa, menilai perkembangan startup di Indonesia sangat masif, terlihat dari banyaknya startup baru yang muncul tiap hari. Oleh lantaran itu, banyak perusahaan besar membikin program-program guna mendukung startup, salah satunya UpDrive, yang bermaksud mengembangkan ekosistem pendukung startup.

"Nanti kita bakal memberikan hibah pendanaan untuk audiens guna merealisasikan sejumlah inisiatif di Indonesia serta di negara-negara Asia Tenggara lainnya," Daria menambahkan.

Dia mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan potensi startup terbesar di Asia Tenggara selain Singapura dan Malaysia. Menurut dia, agar startup berkembang lebih baik, perlu dihadirkan program yang mendukung ekosistemnya.

Baca juga: inDrive komitmen perkuat upaya di Indonesia

Daria mengatakan bahwa aktivitas inDrive tersebut melibatkan para kontributor dalam ekosistem startup, antara lain akselerator, inkubator, modal ventura, penyelenggara acara, dan perwakilan negara.

Acara tersebut terbagi dalam beberapa bagian, ialah aktivitas pendidikan dan jaringan offline bagi para kontributor tersebut, peluncuran inisiatif startup yang bermaksud untuk mendukung pendiri startup lokal guna memenangkan hibah pendanaan, serta seleksi inisiatif startup terbaik.

Tiga kontributor dengan inisiatif terbaik, masing-masing bakal mendapatkan pendanaan sebesar 15 ribu dolar AS (Rp 232,4 juta). Daria mengatakan biaya hibah tidak diberikan kepada pendiri startup, melainkan kontributor yang membantu startup lokal.

Untuk tahap terakhir, ujarnya, ialah penerapan alias realisasi dari inisiatif-inisiatif terbaik itu.

Dia menyebut bahwa terdapat 40 partisipan dalam program UpDrive, yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Kamboja, Filipina, dan Thailand. Daria mengatakan, sebagai upaya pengembangan startup, inDrive juga menyediakan dua program penghargaan bagi para wirausahawan.

"Selain program ini (UpDrive), kami punya dua penghargaan untuk para wirausahawan. yang pertama adalah Aurora Tech Award, dan itu berhadiah uang, serta program mentoring bagi wanita entrepreneur," dia menjelaskan.

Program lain adalah Underdog Tech Award, ialah penghargaan bagi startup yang baru merintis yang tidak masuk dalam grup-grup teknologi raksasa seperti yang di Silicon Valley.

Baca juga: inDrive dan IVITECH.Drive luncurkan program motor listrik untuk mitra

Baca juga: HUB.ID tingkatkan kepercayaan pasar dukung startup lokal bertumbuh

Baca juga: Kemenkominfo buka kerjasama lintas sektor untuk startup lewat SSI X


Editor: Mahfud
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close