Trends

Indonesia pandang AS dan China sama-sama penting - Beritaja

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - Indonesia menganggap Amerika Serikat dan China, dua negara adikuasa yang tengah bersaing dalam hegemoni global, sebagai mitra krusial untuk mencapai kepentingan nasional.

Kepala Pusat Strategi Kebijakan Kawasan Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri RI, Vahd Nabyl, mengatakan bahwa AS adalah mitra krusial Indonesia dalam beberapa aspek terutama perdagangan dan investasi, pengadaan alutsista, dan kesehatan.

"AS tetap merupakan penyumbang surplus terbesar bagi Indonesia meskipun dari segi nilai jual beli diketahui penyumbang terbesar adalah China," kata Nabyl dalam seminar BRIN yang ditayangkan melalui YouTube, Kamis.

AS juga merupakan mitra krusial dalam mendukung modernisasi sistem dan keahlian pertahanan Indonesia. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto apalagi berjamu ke Amerika Serikat pada Agustus lampau untuk menyatakan komitmen pembelian 24 unit pesawat tempur F-15EX baru dari AS.

Nabyl juga mengatakan AS merupakan mitra krusial bagi Indonesia dalam sektor kesehatan. Pada saat pandemi COVID-19 misalnya, Naby menyebut AS adalah salah satu mitra terdepan dalam kerja sama vaksin. Ia menyebut Indonesia merupakan penerima bantuan vaksin kedua terbesar AS.

Tak hanya COVID-19, AS juga mitra Indonesia dalam mendukung pemusnahan HIV/AIDS, Polio, Zika, penyakit-penyakit tidak menular (NCDS), katanya.

Baca juga: Indonesia, AS sepakat tingkatkan kerja sama pertahanan

Sama seperti Amerika, Nabyl mengatakan Indonesia dan China juga mempunyai hubungan kerja sama yang erat dalam beragam bidang, termasuk pertahanan, investasi, pariwisata, perdagangan, kesehatan, dan infrastruktur.

Pada 2022, nilai investasi China di Indonesia mencapai 8,2 miliar dolar AS (setara Rp127 triliun) dan mempunyai total nilai perdagangan sebesar 133 miliar dolar AS (Rp2 kuadriliun)​​. ​​​​​Pada tahun itu, China juga merupakan penanammodal terbesar kedua RI.

Dalam bagian kesehatan, Indonesia dan China menjalin kerja sama vaksin COVID-19 dan Genomics, bahan baku obat dan sister hospital, dan kerja sama Bio Farma-Sinovac serta Kimia Farma-Sinopharm. Pada bagian infrastruktur, Naby menyebut China berkedudukan dalam proyek kereta cepat, sinergi Global Maritime Fulcrum-Belt and Road Iniatiative (GMF-BRI), Kawasan Ekonomi Khusus Kura-Kura Bali, dan pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung.

Amerika Serikat dan China merupakan mitra strategis komprehensif Indonesia. Indonesia dan China telah menyepakati Kemitraan Strategis Komprehensif pada Oktober 2013.

Sementara Indonesia dan AS meningkatkan status hubungannya dari Kemitraan Strategis menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif dalam pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo  dan Presiden Joe Biden di Gedung Putih, Washington pada 13 November 2023.

Baca juga: Airlangga: Indonesia bisa manfaatkan situasi perang jual beli AS-China
Baca juga: Pengusaha Indonesia-China bakal bangun pusat bahan gedung di Jakarta
Baca juga: Mendag: Indonesia-AS sepakati kemitraan strategis komprehensif


Editor: Mahfud
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close