Trending

Indonesia kontingen terbesar kedua pada SEA Games dan APG 2023 Kamboja - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) - Indonesia terdaftar sebagai negara peserta dengan jumlah personil kontingen terbesar kedua pada SEA Games XXXII/2023 dan ASEAN Para Games (APG) XII/2023 di Kamboja.

Berdasarkan laman resmi SEA Games Kamboja, Selasa, Indonesia mengirim 1.802 delegasi sesuai daftar dalam entry by number. Kontingen Merah Putih berada satu tingkat di bawah Thailand nang tercatat mengirim jumlah wakil terbanyak dengan 1.985 delegasi ke dua pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Secara keseluruhan, bakal ada 12.404 perwakilan dari 11 negara nang meramaikan SEA Games dan ASEAN Para Games di Kamboja.

Selain Indonesia dan Thailand ada pula Vietnam nang mengirim 1.663 delegasi, kemudian Malaysia dengan 1.532, Filipina dengan 1.342, dan Singapura dengan 1.228.

Berita lain dengan Judul: Menpora Dito prioritaskan persiapan SEA Games hingga AWBG

Sementara itu, Kamboja selaku tuan rumah datang dengan kekuatan 1.158 wakil.  Myanmar dengan 694, Laos dengan 656, Timor Leste sebanyak 171, dan Brunei Darussalam menjadi negara paling minimalis mengirim wakil dengan 113.

Khusus untuk Kontingen Indonesia, belum ada keterangan resmi mengenai jumlah atlet nang dikirim baik ke SEA Games maupun ke ASEAN Para Games 2023 di Kamboja.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan bakal segera mengumumkan jumlah kontingen untuk pesta olahraga dua tahunan tersebut.

"Jumlah kontingen bakal kami tentukan pada pekan ini. Jadi tunggu tanggal mainnya. Saya baru duduk resmi hari ini, jadi minta sedikit waktu untuk kami memastikan persiapan nang baik dan komprehensif," ujar Dito kepada pewarta dalam serah terima kedudukan di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa.

Dalam kesempatan nang sama Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Lexyndo Hakim mengatakan penunjukkan Dito sebagai Menpora membuka secercah angan untuk segera terbentuknya Kontingen Indonesia.

"Harusnya hari ini ada rapat tim review, dan hasil rapat kemarin itu untuk selanjutnya berjumpa dengan Menpora. Semoga ketika Menpora sudah dapat paparan dari tim reviewnya, dalam 1-2 hari ini dapat titik terang mengenai kontingen dan bagian olahraga nang bakal diberangkatkan untuk SEA Games 2023," ujar Lexy.

Berita lain dengan Judul: Jokowi beri tiga pesan untuk Dito Ariotedjo

Muhammad Ramdan

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close