Trends

Indef proyeksikan ekonomi tumbuh 4,8 persen pada 2024 - Beritaja

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listiyanto memproyeksikan perekonomian Indonesia tumbuh 4,8 persen secara tahunan pada 2024.

Proyeksi Indef tersebut sedikit lebih rendah dari dugaan makro dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024 yang sebesar 5,2 persen.

“Kalau hitung-hitungan INDEF ekonomi 2024 ini tidak setinggi dari dugaan makro, lantaran tantangannya cukup pelik dan banyak,” kata Eko dalam Seminar Proyeksi Ekonomi Indonesia 2024 yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Pertumbuhan ekonomi nasional diperkirakan melambat seiring dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia akibat krisis geopolitik antara Rusia dan Ukraina serta Israel dan Palestina yang tetap bakal bersambung pada 2024.

Baca juga: Menkeu: Proyeksi ekonomi RI tertinggi di antara negara ASEAN dan G20

“Tapi apakah 4,8 persen itu jelek ? Bagi kita tidak terlalu buruk. Karena pertumbuhan ekonomi globalnya saja diprediksi 2,8 persen, kita nyaris 2 kali level global, tidak resesi juga tapi tidak terakselerasi,” kata Eko.

Pada 2024, Eko memperkirakan daya beli masyarakat bakal tertekan, pertumbuhan angsuran ke sektor riil termoderasi lantaran pengaruh suku kembang referensi Bank Indonesia yang tetap tinggi, dan windfall dari kenaikan nilai komoditas bakal berakhir.

Upaya mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dari sisi fiskal juga dinilai tidak bakal maksimal mengingat pola penyerpan anggaran yang selalu menumpuk di akhir kuartal IV.

Adapun inflasi pada 2024 diperkirakan bakal mencapai 3,2 persen alias di atas dugaan makro APBN 2024 yang sebesar 2,8 persen, terutama disumbang oleh kenaikan nilai volatile food.

Menurut Eko, permintaan pangan pada 2024 bakal meningkat lantaran penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu), sementara itu produksi pangan berisiko menurun lantaran pengaruh cuaca dan menurunnya angsuran kepada pelaku upaya di sektor pangan.

Baca juga: Ekonom proyeksikan tingkat konsumsi masyarakat pada 2024 tetap tinggi


Editor: Mahfud Harry
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close