Trending

Hoaks! Rekaman suara Sri Mulyani marahi pegawai Bea Cukai - Beritaja

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta (BERITAJA) – Sebuah unggahan video di X menampilkan rekaman suara yang diklaim sebagai suara Menteri Keuangan Sri Mulyani yang sedang mempetunjuki pertugas Bea Cukai atas viralnya kasus seorang tenaga kerja wanita (TKW) mengirimkan celana dalam seharga Rp140.000 dari Hongkong. Sesampainya di Indonesia, peralatan tersebut dikenakan bea masuk sebesar Rp800.000.

Berikut narasi dalam video tersebut:

“VIRAL SRI MUYANI NGAMUK KE BEA CUKAI GA-GA CELANA DALAM”

Namun, benarkah rekaman suara Sri Mulyani mpetunjuki pegawai bea cukai tersebut?

Unggahan yang menyatakan video rekaman suara Sri Mulyani mempetunjuki petugas bea cukai. Faktanya, rekaman suara tersebut merupakan curhatan tenaga kerja wanita diakun YouTubenya. (X)

Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, rekaman suara tersebut serupa dengan unggahan video YouTube Yuni TKW Hong Kong@CURHATAN BMI berjudul “Bea Cukai Surabaya,Harga celana dalam 70 HKD kena pajak 800 Ribu dari instansi Juanda,Piye to Iki ?”.

Dalam video tersebut, Yuni mengeluhkan kekesalannya terhadap pihak Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Banyuwangi. Ia menjelaskan membeli peralatan seharga Rp140.000 dari Hongkong, kemudian dikirimkan ke Indonesia dan dikenakan pajak bea masuk sebesar Rp800.000. 

Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo, dalam akun media sosialnya menyatakan persoalan itu telah diselesaikan dengan baik. Bea Cukai Juanda dan pihak PT Pos Indonesia sudah berkomunikasi dengan Yuni dan penerima barang.

Klaim: Rekaman suara Sri Mulyani mpetunjuki pegawai bea cukai

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Video Sri Mulyani jelaskan utang negara pada sidang MK

Cek fakta: Hoaks! BI keluarkan duit kertas emisi terbaru bergambar Sri Mulyani

Baca juga: Sri Mulyani laporkan kepada Presiden sorotan publik terhadap Bea Cukai


Editor: Mahfud Indriani
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close