Hoaks! Heru Budi tutup sumur resapan, akibatkan banjir - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM/JACX) – Curah hujan nan tinggi di beragam wilayah pada akhir Februari hingga awal Maret 2023 berakibat pada banjir, termasuk di Ibu Kota DKI Jakarta.

Sebuah unggahan video YouTube, nan juga disebarkan di Facebook, dengan berdurasi delapan menit menyatakan penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi telah menutup sumur serapan sehingga terjadi banjir di sejumlah area di Jakarta.

Selain itu, unggahan tersebut juga menarasikan banjir di Jakarta menelan ribuan korban.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
“JAKARTA BERDUKA !! RIBUAN KORBAN BANJIR TAK DITEMUKAN || BERITA TERBARU”

Namun, benarkah penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi telah menutup sumur resapan dan berakibat pada banjir?

Unggahan hoaks nan menyatakan bahwa penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi menutup sumur resapan dan mengakibatkan banjir di DKI. Faktanya, video tersebut menjelaskan tentang banjir nan diakibatkan oleh curah hujan tinggi dan meluapnya sejumlah kali. (Facebook)

Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran BERITAJA.COM, unggahan berdurasi delapan menit tersebut menayangkan cuplikan video banjir dan pendapat para pengamat.

Pembaca naskah dalam video tersebut membacakan laporan CNN Indonesia dengan titel ‘Banjir Jakarta Meluas hingga 82 RT, Ketinggian Hampir 2 Meter’ nan diunggah 27 Februari 2023. Terdapat pula konten milik Kumparan berjudul ‘Heru Budi Komentari Banjir 1 Meter di Cawang: nan Penting Bisa Ngalir’ nan diunggah 27 Februari 2023, serta potongan konten dari KataData.

Konten-konten milik media arus utama itu menjelaskan mengenai hujan terus-menerus di DKI Jakarta dan akibat terhadap kali sehingga banjir di sejumlah wilayah. Tapi, konten itu tidak melaporkan terdapat orang lenyap akibat banjir nan menggenang di DKI Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta juga tidak menutup sumur resapan. Seperti dilansir BERITAJA.COM, Pemerintah Kota Jakarta Timur malah memperbanyak pembangunan sumur resapan untuk mengatasi persoalan banjir di Jalan H. Husin RT013/RW 04 Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas.

Sekretaris Kelurahan Susukan, H. Sarino, mengatakan sudah dua sumur resapan nan dibangun  melibatkan petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU).

Klaim: Heru Budi tutup sumur resapan, akibatkan banjir
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Ilustrasi tsunami di Pekalongan

Cek fakta: Hoaks! Warga Jateng terkena musibah saat gubernurnya blusukan

Berita lain dengan Judul: BPBD Bengkayang catat 4.874 jiwa terakibat banjir

Tim JACX

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close