Trending

Harga cabai di Kotabaru tembus Rp80.000/kg - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Kotabaru (BERITAJA.COM) - Harga cabe di pasar tradisional dan pasar induk Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan, beberapa hari ini naik sekitar 23 persen dari Rp 65.000/kg menjadi Rp80.000 per kilogram.

"Mulai terjadi kenaikan beberapa minggu lampau tidak hanya lombok saja namun kebutuhan pokok lain nya juga mengalami kenaikan harga," kata penduduk Kotabaru, Susanty, minggu.

Ibu dari empat orang anak tersebut mengaku kaget saat berbelanja di pasar harian di Kotabaru, di mana nilai beberapa peralatan kebutuhan sehari-hari naik.

"Selain cabe nan mengalami kenaikan hingga Rp80.000 per kilogram, nilai bawang merah nan biasanya Rp28.000 per kilogram, juga naik menjadi Rp36.000 per kilogram," imbuhnya.

Belum lagi minyak goreng, bawang putih, telur, gula pasir, tepung terigu, beras, dan susu.

Barang-barang tersebut naik, namun tidak signifikan, berbeda dengan kenaikan sayur-mayur, seperti tomat, wortel, kentang, buncis, dan kacang.

Hal nan sama juga dialami oleh Sumiaty, seorang ibu rumah tangga itu mengaku kaget saat membeli telur ayam ras di pasar induk Kemakmuran Kotabaru.

Menurut pedagang, naiknya nilai cabe lantaran pasokan dari Sulawesi dan Surabaya sudah mengalami kenaikan akibat naiknya nilai BBM.

"Apalagi sebagian besar sayur-mayur nan kami jual didatangkan dari luar Kotabaru, misalnya Sulawesi dan Surabaya," ujar beberapa pedagang di pasar pagi Kotabaru.

Warga berharap, kenaikan nilai nan terjadi bisa di turunkan kembali di tengah lesunya ekonomi nan di alami penduduk Kotabaru.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kotabaru Hardani, hingga saat ini belum sukses dikonfirmasi mengenai naiknya sejumlah peralatan kebutuhan sehari-hari.







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close