Trending

Gunung Merapi luncurkan dua guguran lava selama sepekan - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

jarak luncur maksimal 1.000 meter

Yogyakarta (BERITAJA.COM) - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebut Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta itu mengeluarkan guguran lava dua kali selama pengamatan 24 Februari - 2 Maret 2023.

"Minggu ini guguran lava teramati sebanyak dua kali ke petunjuk barat daya alias ke hulu Kali Boyong dan Kali Bebeng dengan jarak luncur maksimal 1.000 meter," kata Kepala BPPTKG Agus Budi melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Minggu.

Selama sepekan, katanya, bunyi guguran juga terdengar dari Pos Babadan dua kali dengan intensitas mini hingga sedang.

Ia mengatakan berasas kajian morfologi dari stasiun kamera Jrakah, Tunggularum, Ngepos dan Babadan2, kubah barat daya dan kubah tengah tidak menunjukkan perubahan nan signifikan.

Volume kubah barat daya Merapi terhitung tetap sebesar 1.598.700 meter kubik dan untuk kubah tengah sebesar 2.267.400 meter kubik.

Berita lain dengan Judul: Tiga desa di Boyolali terakibat hujan abu erupsi Gunung Merapi

Berita lain dengan Judul: Merapi luncurkan awan panas guguran 1,5 km ke petunjuk Kali Boyong

Intensitas kegempaan Merapi selama sepekan terakhir, ujar dia, terhitung tetap tinggi.

Selama kurun itu, Gunung Merapi tercatat mengalami 572 kali gempa vulkanik dalam, 23 kali gempa vulkanik dangkal, 53 kali gempa fase banyak, 232 kali gempa guguran, satu kali gempa hembusan, dan tiga kali gempa tektonik.

Deformasi Gunung Merapi nan dipantau dengan menggunakan EDM dan GPS pada pekan ini tidak menunjukkan perubahan nan signifikan.

Hingga saat ini, BPPTKG tetap mempertahankan status Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Level III alias Siaga.

Berita lain dengan Judul: Gunung Merapi luncurkan enam guguran lava selama sepekan

Berita lain dengan Judul: BPPTKG: Suara guguran Merapi terdengar satu kali pada Selasa pagi

Guguran lava dan awan panas dari Gunung Merapi bisa berakibat ke area dalam sektor selatan-barat daya nan meliputi Sungai Boyong (sejauh maksimal lima km) serta Sungai Bedog, Krasak, Bebeng (sejauh maksimal tujuh km).

Selain itu, guguran lava dan awan panas dari Gunung Merapi bisa berakibat ke area di sektor tenggara nan meliputi Sungai Woro (sejauh maksimal tiga km) dan Sungai Gendol (sejauh lima km).

Apabila gunung api itu mengalami letusan eksplosif, Agus mengatakan, lontaran material vulkaniknya dapat menjangkau wilayah dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

Berita lain dengan Judul: Gunung Merapi luncurkan guguran lava 13 kali selama sepekan



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close