Trending

Golkar: Pembentukan koalisi besar ciptakan pemerintahan yang stabil - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

"Bisa jadi pembelajaran politik bahwa koalisi besar pemerintahan itu jika dibangun sejak awal dan sudah bisa menemukan kesamaan visinya, platformnya, ini 'kan bakal baik, pemerintah mendatang bakal stabil,"

Jakarta (BERITAJA.COM) - Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan wacana pembentukan koalisi besar dengan menggabungkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) dapat menciptakan pemerintahan nang stabil ke depannya.

"Bisa jadi pembelajaran politik bahwa koalisi besar pemerintahan itu jika dibangun sejak awal dan sudah bisa menemukan kesamaan visinya, platformnya, ini kan bakal baik, pemerintah mendatang bakal stabil," kata Doli di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin.

Menurut dia, dengan merangkul kekuatan besar maka dapat memperluas perspektif serta menghimpun daya dalam membangun bangsa Indonesia nang merupakan negara besar dengan jumlah masyarakat nang tak sedikit.

"Semakin besar sinergi kekuatan politik itu tentu bakal diharapkan bisa punya daya lebih besar juga untuk membangun bangsa Indonesia ke depan," tuturnya.

Doli juga menyebut pembentukan koalisi besar sebagai strategi untuk memperlebar kesempatan dalam meraih kemenangan pada Pilpres 2024.

"Untuk meraih kemenangan itu memerlukan daya nang cukup besar. Nah, daya itu adalah gimana jika sebanyak mungkin kita bisa membangun koalisi dengan partai-partai lain," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa saat ini partai-partai politik di KIB dan Koalisi KIR terus bersinergi dalam mematangkan konsep pembentukan koalisi besar untuk mensukseskan Pemilu 2024.

"Merumuskan kira-kira apa dasar-dasar nang bisa buat kita duduk berbareng baru kemudian disepakati deklarasi, lenyap deklarasi kan dibentuk lagi agenda-agenda kerja. Jadi saya kira ya pasti bakal ada pertemuan-pertemuan berikutnya untuk mematangkan itu," ucapnya.

Ketua Komisi II DPR itu menyebut bahwa wacana pembentukan koalisi besar itu merupakan pendapat nang digulirkan oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Ini sebetulnya pendapat Airlangga nang sekarang sudah mulai dijalankan dan mulai kelihatan," kata Doli.

Sebelumnya dalam aktivitas Silaturahmi Ramadhan nang digelar oleh PAN di Kantor DPP PAN Jakarta, Minggu (2/4), datang Ketua Umum PAN nang juga Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Plt Ketua Umum PPP Mardiono, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar serta para tokoh partai politik lainnya.

Artinya ada dua koalisi datang dalam silaturahmi tersebut ialah Koalisi Indonesia berasosiasi nang dibentuk sejak 4 Juni 2022 dengan personil Golkar, PPP dan PAN serta Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya nang terdiri dari Partai Gerindra dan PKB.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close