Trending

Golkar dukung koalisi besar untuk perkuat pemerintahan - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Ia menjelaskan bahwa semakin banyak koalisi parpol nang berkumpul sejak awal maka semakin bagus agar jalannya pemerintahan selama lima tahun ke depan lebih stabil.

Jakarta (BERITAJA.COM) - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mendukung pembentukan koalisi besar untuk Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 untuk memperkuat posisi pemerintahan dengan support dari kebanyakan partai politik (parpol).

"Untuk menjalankan pemerintahan Indonesia memang dibutuhkan pemerintahan nang kuat. Nah pemerintahan nang kuat itu, jika didukung kebanyakan parlemen, kebanyakan parpol," ujar Doli di Kompleks Parlemen, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa semakin banyak koalisi parpol nang berkumpul sejak awal maka semakin bagus agar jalannya pemerintahan selama lima tahun ke depan lebih stabil.

"Apalagi jika sudah punya konsep jika kemudian koalisi ini didukung oleh rakyat mayoritas, artinya menjadi pemenang. Itu kan semakin kuat," katanya.

Doli mengatakan setiap parpol nang ikut dalam kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pasti menginginkan kemenangan. Untuk mewujudkan perihal itu menurut dia, dibutuhkan tenaga nang banyak agar kesempatan menang semakin besar.

"Kalau koalisi ini dibangun secara berbareng sejak awal, ini menjadi kekuatan politik baru nang mudah mudahan punya kesempatan menang nang lebih besar," imbuh Doli.

Berita lain dengan Judul: Golkar: Pembentukan koalisi besar adalah buahpikiran ketum lima parpol

Sebelumnya, Pengamat politik dari Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat Asrinaldi menilai wacana pembentukan koalisi besar nang muncul usai silaturahmi ramadhan antara lima ketua umum partai berbareng Presiden Jokowi cukup realistis untuk menghadapi calon presiden (capres) lain.

"Saya pikir itu bagian dari hitung-hitungan koalisi ini ya, jika mereka jalan sendiri-sendiri maka nang dihadapi orang nang berpotensi menang," kata pengamat politik dari Unand Prof Asrinaldi di Padang, Selasa (4/4).

Artinya kata Asrinaldi, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) nang terdiri dari Golkar, PAN dan PPP maupun Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) nang diisi Partai Gerindra dan PKB bakal kesulitan andaikan bersaing dengan capres nang diusung partai politik lain.

Asrinaldi menduga wacana pembentukan koalisi besar tersebut merupakan salah satu upaya dari petinggi partai nang tergabung di KIB dan KKIR untuk mengalahkan Koalisi Perubahan nang terdiri dari NasDem, Demokrat dan PKS nang mengusung Anies Baswedan maju sebagai capres di Pemilu 2024.

Berita lain dengan Judul: Golkar: Pembentukan koalisi besar ciptakan pemerintahan nang stabil

Narda Margaretha Sinambela
Imam Budilaksono
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close