Trending

Ganjar luncurkan Si Sakti aplikasi bank data atlet Jawa Tengah - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Semarang (BERITAJA.COM) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meluncurkan Aplikasi Sistem Informasi Olahraga Prestasi alias Si Sakti yang menampung seluruh info dan info keolahragaan dari para atlet di provinsi tersebut.

Si Sakti nang diluncurkan sebagai bentuk kepedulian dan perhatian orang nomor satu di Jawa Tengah itu dilakukan berbarengan dengan peluncuran logo dan maskot Porprov Jawa Tengah ke XVI Tahun 2023.

“Kalau logo sama maskot memang ini tinggal kita jalankan saja, kelak Porprov di Pati, tapi jika Si Sakti ini memang saya minta dari dulu agar ada sistem info tentang atlet," kata Ganjar saat peluncuran di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa Si Sakti adalah aplikasi nang dibuat oleh KONI Jateng sebagai corak respon atas keinginannya untuk lebih memperhatikan atlet, mulai dari pembinaan, pengembangan hingga masa depannya.

Aplikasi Si Sakti dan mempublikasikan info dan prestasi atlet nang berkepentingan dalam kancah olahraga nasional.

Mantan personil DPR RI itu mendorong agar tiap pertandingan nang diikuti atlet bisa dicatatkan secara lengkap.

"Kami mau seluruh atlet didata, talent scouting-nya dilakukan, nang dia pelajar, dia dari kampus, dari masyarakat itu bisa didata sehingga kami log alias catat pertandingan. Semuanya," ujarnya.

Ganjar nang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Special Olympics Indonesia (SOIna) itu berambisi dengan pusat info nang tercatat dalam aplikasi Si Sakti bakal memudahkan Jawa Tengah memantau kondisi para atletnya.

"Kalau kelak mau ada pertandingan kami harapkan mereka itu sudah fit dan bisa dipilih dengan sistem itu. Atau siapa nang punya keahlian alias potensi untuk bisa kami kembangkan, kami kembangkan," katanya.

Ganjar juga membujuk serta perguruan tinggi untuk turut terlibat, tidak hanya pengembangan dan pembinaan atlet, tapi juga pendampingan terhadap aplikasi Si Sakti tersebut.

"Mudah-mudahan sistem ini bisa melangkah dengan baik. Kampus juga kami minta untuk mendampingi alias nang golongan peduli bisa untuk mendampingi para atlet," ujarnya.

Melalui bank info atlet itu, Ganjar berambisi tidak akan ada lagi cerita atlet Jawa Tengah nang nasibnya terkatung-katung.

"Sampai mereka selesai, mereka mau purna, kemana mereka. Jangan sampai di kemudian hari kita mendengar medalinya digadaikan lantaran hidupnya susah padahal peraih lencana emas dan pernah mengharumkan nama wilayah alias bangsa. Saya kira perlu diperhatikan. Nah, sistem ini kami harapkan bisa memantau," katanya.

Wisnu Adhi Nugroho

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close