Trending

Ganjar gelar Program Parsel Lebaran kembangkan UMKM - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Para UMKM nan ikut tahun ini berasal dari 34 kota dan kabupaten di Jateng, Hanya Kabupaten Grobogan nan tidak ikut terlibat

Semarang (BERITAJA.COM) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali menggelar Program Parsel Lebaran pada tahun ini sebagai upaya mengembangkan pelaku upaya mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jateng.

“Program penjualan produk UMKM dalam corak parsel lebaran nan diinisiasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sejak 2021 ini berjalan sekarang sampai kelak menjelang Lebaran lantaran mendapatkan respons nan sangat positif dari masyarakat," kata Kepala Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng Ema Rachmawati pada peluncuran Program Parsel Lebaran di Semarang, Selasa.

Ia memperkirakan respons masyarakat pada tahun ini bakal jauh lebih besar sehingga ditargetkan hasil penjualan Program Parsel Lebaran mencapai Rp5 miliar.

Target tersebut berasas dua tahun lampau penyelenggaraan Program Parsel Lebaran nan hasilnya cukup besar ialah pada 2021 penjualan mencapai Rp2,1 miliar, dan pada 2022 penjualan mencapai Rp4,18 miliar.

Ia mengungkapkan tahun ini produk dari UMKM nan ikut dalam Program Parsel Lebaran lebih bervariasi.

Selain produk makanan-minuman, juga ada kerajinan tangan, pakaian, dan juga sembako nan seluruh produknya telah melalui tahapan kurasi.

Tahun ini jumlah UMKM nan dilibatkan sebanyak 125 UMKM alias lebih banyak jika dibanding tahun lampau sebanyak 80 UMKM.

“Para UMKM nan ikut tahun ini berasal dari 34 kota dan kabupaten di Jateng, Hanya Kabupaten Grobogan nan tidak ikut terlibat,” ujarnya.

Untuk pemesanannya, lanjut Ema, bisa melalui katalog nan dapat diunduh melalui link bit.ly/KatalogParcelJateng-2023 alias melalui call center ASPOO, sedangkan bagi masyarakat umum, baik dari dalam maupun luar provinsi nan mau membeli juga bisa memesan melalui marketplace BliBli.

"Tahun lampau juga melalui BliBli, juga ada nan beli dari Kalimantan, apalagi ada juga pemesanan dari Jakarta, Bandung. Hanya tahun lampau kami belum siap armada jadi tidak bisa. Mudah-mudahan tahun ini, teman-teman ASPOO bisa siap armada, jadi jika ada pemesan luar wilayah bisa dilayani,” katanya.

Berita lain dengan Judul: Pemprov Jateng gelar pameran Batikraft bangkitkan perekonomian UMKM

Berita lain dengan Judul: Pendampingan Pemprov Jateng tingkatkan omzet UMKM


 

Wisnu Adhi Nugroho

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close