Trending

Ganjar dukung Indonesia jadi lumbung pangan dunia - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Kami bicara skema nan paling menguntungkan untuk petani kira-kira nilai berapa

Kebumen, Jateng (BERITAJA.COM) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung skema dan simulasi pemerintah sebagai upaya menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia.

"Skema dan simulasi itu dapat mendukung mimpi Indonesia menjadi lumbung pangan dunia," katanya di sela mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jateng, Kamis.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Badan Pangan Nasional.

Orang nomor satu di Jateng itu mengungkapkan dalam kunjungan itu juga dibahas tentang usulan skema nilai padi alias gabah kering panen nan diharapkan dapat menguntungkan petani.

"Tadi, kami bicara skema nan paling menguntungkan untuk petani kira-kira nilai berapa, maka ada dari Kementan, Kemenhan tadi ikut juga ada dari Badan Pangan Nasional," ujarnya.

Selain skema nilai panen padi, Ganjar juga mendukung adanya simulasi untuk menentukan nilai padi hingga beras.

Usulan itu sempat disampaikan oleh Badan Pangan Nasional agar nilai di pasaran, khususnya untuk beras, tidak melambung tinggi.

"Badan Pangan Nasional tadi juga menyampaikan untuk dibuatkan satu simulasi. Simulasi inilah nan nantinya bakal dipakai untuk penentuan berapa sebenarnya nilai di tingkat petani nan layak agar masyarakat kelak tidak merasa berat untuk membeli nilai berasnya," katanya.

Dukungan terhadap upaya Indonesia jadi lumbung pangan nasional tersebut sempat diungkapkan Ganjar dalam unggahan foto di media sosial tentang aktivitas tinjauan panen raya di Kebumen dengan tulisan "Indonesia lumbung pangan dunia. Siap".

Saat mendampingi Presiden Jokowi, Ganjar juga sempat ikut berinteraksi dengan para petani serta berbincang dengan Menteri Pertanian dan Menteri Pertahanan.

Berita lain dengan Judul: Presiden Jokowi minta nilai beras wajar
Berita lain dengan Judul: Jokowi sebut Bapanas segera umumkan HPP gabah terbaru usai GKP turun
Berita lain dengan Judul: Ganjar sorong pemanfaatan proyek strategis nasional tingkatkan ekonomi

Wisnu Adhi Nugroho
Kelik Dewanto
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close