Trends

Galeri Hasil Hutan Kalbar jadi rekomendasi tempat wisata edukatif - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Galeri Hasil Hutan dibuat untuk edukasi masyarakat tentang rimba dan termasuk menjaganya.

Pontianak (BERITAJA.COM) - Galeri Hasil Hutan nan berada di area Pendopo Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), di Kota Pontianak, menjadi rekomendasi lokasi wisata edukatif bagi masyarakat lokal maupun luar Kalbar nan mau mengenal rimba dan hasil olahan produk dari rimba bisa dipelajari.

"Galeri Hasil Hutan dibuat untuk edukasi masyarakat tentang rimba dan termasuk menjaganya, seperti tidak melakukan pembalakan pohon secara ilegal," kata Administrator Keuangan dan Pemasaran Galeri Hasil Hutan Kalbar Angga saat ditemui di Pontianak, Kamis.

Ia menambahkan Galeri Hasil Hutan tidak hanya menjadi sarana edukasi seputar kehutanan, tetapi juga menjadi tempat promosi dan pasar produk untuk hasil rimba dari UMKM nan ada di Kalbar.

"Berbagai macam produk olahan unik dari seluruh kabupaten alias kota di Kalbar ada di galeri ini, seperti madu kelulut, kratom, sepang, kopi, kerajinan tangan berbahan dari hasil hutan, kain tenun, dan lainnya," ujar dia lagi.

Untuk waktu layanan, di Galeri Hasil Hutan Kalbar itu dibuka Senin sampai Sabtu mulai pukul 08.00 WIB - 16.00 WIB. Sedangkan untuk di area rimba kota dimana galeri berada setiap hari bisa diakses oleh masyarakat.

Galeri Hasil Hutan Kalbar diresmikan bertepatan dengan HUT ke-65 Kalbar pada 28 Januari 2022 oleh Gubernur Kalbar Sutarmidji.

Gedung Galeri Hasil Hutan dan Hutan Kota seluas 2,3 hektare ini dibangun oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), tetapi penataannya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalbar.

Pembangunan galeri berasal dari biaya Asian Development Bank melalui KLHK dengan menyantap anggaran senilai Rp1,4 miliar.

Galeri Hasil Hutan Kalbar nan menjadi tempat untuk menampilkan dan mempromosikan hasil rimba unggulan dari setiap wilayah nan ada di Kalbar ini merupakan satu-satunya galeri hasil rimba di Indonesia.
Berita lain dengan Judul: KLHK: Petani-swasta bisa kerjasama kembangkan hasil rimba bukan kayu
Berita lain dengan Judul: KLHK sorong pengembangan upaya pemanfaatan hasil rimba bukan kayu

Dedi dan Uray HR
Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close