Trending

Festival Tepi Kapuas di Pontianak mengangkat kearifan lokal - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Festival Tepi Kapuas dan Pameran Seni Rupa adalah bagian dari ekonomi kreatif.

Pontianak (BERITAJA.COM) - Pelaksanaan Festival Kapuas disambut baik Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, lantaran dapat mengangkat kearifan lokal setempat, mengingat di aliran sungai terpanjang di Indonesia tersebut awal peradaban dan nadi kehidupan masyarakat sejak dulu.

"Festival dan pameran ini sangat baik dan menjadi sarana mengangkat kearifan lokal, terutama kehidupan masyarakat tepian sungai. Apalagi karya-karya para seniman nang dituangkan dalam lukisan-lukisan bertema Sungai Kapuas membujuk para penikmat seni merasakan degub nadi kehidupan tepian Sungai Kapuas nang sudah ada sejak dahulu," ujar Edi Rusdi Kamtono, di Pontianak, Sabtu.

Ia menambahkan, apalagi aktivitas tersebut menjadi bagian dari ekonomi imajinatif dan patut dukung untuk terus memeriahkan sisi lain Kota Pontianak nang dituangkan dalam kanvas alias tulisan dengan banyak cerita.

"Festival Tepi Kapuas dan Pameran Seni Rupa adalah bagian dari ekonomi kreatif. Ini menjadi daya tarik dan bisa mengenalkan Pontianak dari sisi lainnya ialah melali seni rupa," ujar dia.

Dia berambisi pagelaran dan pameran seni rupa nang mengusung tema Sungai Kapuas bisa terus berkepanjangan alias menjadi agenda tahunan, sehingga menjadi tujuan wisata ke Kota Khatulistiwa tersebut.

"Ini sebagai permulaan nang baik aktivitas ini bisa dijadikan agenda tahunan dan bisa saja kita laksanakan lebih meluas secara regional maupun nasional," ujar dia.

Festival Tepi Kapuas dan Pameran Seni Rupa nang dilaksanakan tersebut bekerja sama dengan BKKBN Provinsi Kalbar di Rumah Cagar Budaya H Salmah.

Dalam aktivitas tersebut visitor bisa menyaksikan karya seni rupa terbaik dengan tema Sungai Kapuas.

Edi Rusdi Kamtono dengan jeli dan antusias memandang setiap karya seniman Pontianak dalam mengenalkan sisi peradaban sungai kota tersebut.
Berita lain dengan Judul: Tiga suku Kapuas Hulu bakal gelar ritual saat Festival Danau Sentarum
Berita lain dengan Judul: Festival budaya Kayaan Medalaam lestarikan warisan leluhur

 

Dedi
Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close