Trending

Fahri Hamzah: Proporsional tertutup buat kedaulatan rakyat hilang - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Sistem tertutup itu membikin kedaulatan rakyat lenyap menjadi kedaulatan parpol

Mataram (BERITAJA.COM) - Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah menilai penerapan sistem proporsional terbuka jauh lebih baik, lantaran sistem proporsional tertutup membikin kedaulatan rakyat lenyap digantikan menjadi kedaulatan partai politik.

"Sistem tertutup itu membikin kedaulatan rakyat lenyap menjadi kedaulatan parpol," kata Fahri Hamzah saat mendampingi kunjungan Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Sabtu.

Ia mengatakan dalam kerakyatan teorinya penerima mandat itu adalah rakyat, bukan partai politik. Oleh lantaran itu, menurut dia, prinsip kedaulatan rakyat itu tidak boleh dilakukan oleh kedaulatan partai politik.

"Sekarang saja dipilih rakyat itu lupa. Apalagi nang dipilih parpol. Tentu lenyap rakyatnya. Nggak ada lagi rakyat. Kita tidak tahu siapa nang kita pilih," kata Fahri Hamzah menegaskan.

Untuk itu, kata dia jika Partai Gelora menang di Pemilu, dia berambisi seluruh personil dewannya orang nang bebas, tidak bakal dipecat jika berbeda pendapat dengan partai-nya.

"Bahkan dia wakil rakyat nang bakal bekerja, seluruh mandat rakyat bukan mandatnya parpol. Itu jalannya Partai Gelora," katanya.
Berita lain dengan Judul: Fahri Hamzah penghargaan program politik pandai berintegritas KPK
Berita lain dengan Judul: Fahri Hamzah nilai sistem proporsional terbuka sudah tepat

Nur Imansyah

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close