Trends

Erick Thohir dan Pemprov DKI cari solusi usai kebakaran Plumpang - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Sesuai pengpetunjukan Presiden kami bakal kaji kembali aspek keamanan semua instalasi Depo BBM agar kejadian seperti di Plumpang tidak terjadi lagi

Jakarta (BERITAJA.COM) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berbareng PT Pertamina (Persero) berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mencari solusi usai kejadian kebakaran Depo Pertamina di Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

Kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah wilayah (pemda) selaras dengan pengpetunjukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) nan mendorong adanya solusi permanen untuk persoalan tersebut.

"Kementerian BUMN dan Pertamina segera rapat dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk mendapatkan solusi terbaik bagi semua," ujar Erick usai mendampingi Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi meninjau letak pengungsian korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, seperti dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Minggu.

Berita lain dengan Judul: Presiden: Kondisi tanah hambatan bangun "buffer zone" Plumpang

Erick menyampaikan, solusi terbaik kudu segera ditemukan agar tidak terjadi kembali kasus serupa di kemudian hari. BUMN bakal mengkaji dari sektor keamanan Depo Bahan Bakar Minyak (BBM), lantaran merupakan bagian dari objek vital negara.

“Sesuai pengpetunjukan Presiden kami bakal kaji kembali aspek keamanan semua instalasi Depo BBM agar kejadian seperti di Plumpang tidak terjadi lagi,” katanya.

Ia mengatakan bakal melakukan pertimbangan menyeluruh terhadap seluruh objek vital nasional (obvitnas) nan dikelola BUMN. Adapun perlu dilakukan sinkronisasi tata ruang secara berbareng mengenai obvitnas.

Buffer zone nan ideal menjadi sebuah keharusan bagi setiap aset vital nan dimiliki BUMN. Saat ini, banyak buffer zone obvitnas, baik nan dikelola BUMN alias bukan, sangat tipis dan begitu dekat dengan permukiman penduduk.

Dengan demikian, kerjasama dengan pemda menjadi perihal utama lantaran mengenai dengan kewenangan pemda dalam perihal permukiman warga.

Erick pun menuturkan BUMN dan Pemprov DKI Jakarta segera menindaklanjuti pengpetunjukan Jokowi agar segera ada solusi. Presiden mendorong dua opsi mengenai perihal ini, ialah memindahkan Depo Pertamina ke tempat lain, seperti wilayah reklamasi serta melakukan relokasi permukiman penduduk di sekitar Depo Pertamina.

"Tadi Pak Presiden sudah memberikan pengpetunjukan nan jelas. Kami segera menindaklanjuti berbareng Pemprov lantaran jika dari di sisi pemukiman warga, kelak kami bakal membahas dengan Pj Gubernur mencari solusi terbaik agar kejadian nan sama tidak terulang lagi," ucap Erick.

Berita lain dengan Judul: Jokowi perintahkan Menteri BUMN relokasi korban kebakaran Plumpang



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close