Trending

Endar Priantoro laporkan Sekjen KPK soal pelanggaran kode etik - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) - Brigjen Pol. Endar Priantoro melaporkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Cahya Harefa ke Dewan Pengawas KPK soal dugaan pelanggaran kode etik mengenai pemberhentiannya dari kedudukan Direktur Penyelidikan.

"Saya hari ini memang sengaja datang ke Dewan Pengawas KPK untuk membikin kejuaraan atas dugaan pelanggaran kode etik nang dilakukan oleh Sekjen KPK dan salah satu ketua KPK mengenai dengan publikasi surat keputusan pemberhentian dengan hormat atas nama saya sebagai Direktur Penyelidikan KPK, serta terbitnya surat penghadapan dari KPK kepada Polri mengenai penghentian itu," kata Endar di Gedung KPK C1, Jakarta, Selasa.
 

Endar juga mengatakan dirinya melapor ke Dewan Pengawas KPK untuk menguji apakah memang pemberhentiannya sebagai Direktur Penyelidikan sudah sesuai dengan kode etik nang bertindak di lembaga antirasuah tersebut.

"Mengapa saya melapor ke sini? Saya mau mencari pihak nang independen. Saya bakal menguji apakah betul keputusan itu sesuai dengan kode etik nang bertindak di lingkungan KPK," ujarnya.
 

Endar juga menyebut pelanggaran dugaan kode etik tersebut antara lain soal sinergi, akuntabilitas, dan profesionalisme.

Meski demikian Endar belum mau bicara banyak soal pelaporannya dan menyarankan agar perkembangannya dikonfirmasi langsung ke Dewan Pengawas.

"Kita banyak nang bakal kita lempar ke Dewas, kelak silakan tanya ke Dewas," ujarnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK Cahya H. Harefa mengatakan pihaknya telah mengirimkan surat penghadapan kembali kepada Polri pada 30 Maret 2023 dan memberhentikan dengan hormat Brigjen Pol. Endar Priantoro dari jabatannya sebagai Direktur Penyelidikan KPK.
 

"Di mana masa tugas Bapak Endar P. di KPK berhujung pada 31 Maret 2023," ujar Cahya dalam keterangan tertulis nang diterima di Jakarta, Senin.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo kembali menyurati Ketua KPK Firli Bahuri mengenai jawaban atas pengembalian personil Polri untuk bekerja di lingkungan KPK.
 

Surat jawaban itu teregistrasi dengan Nomor: B/2725/IV/KEP./2023 nang ditandatangani Listyo Sigit pada Senin, 3 April 2023, berisi keputusan untuk tetap mempertahankan alias menugaskan Brigjen Pol. Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan KPK.

Dalam surat jawaban tersebut, Listyo Sigit menyampaikan kepada ketua KPK terhadap penghadapan kembali Brigjen Pol. Endar Priantoro nang melaksanakan penugasan sebagai Direktur Penyelidikan KPK.

Selain itu, surat tersebut juga menyampaikan Polri sedang mempersiapkan calon-calon terbaik untuk pengisian deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK.

Berita lain dengan Judul: Brigjen Endar ikuti perintah Kapolri soal penugasan di KPK

Berita lain dengan Judul: Endar Priantoro laporkan Firli Bahuri ke Dewas KPK



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close