Trending

Dukung 5G, Mitratel akan gelar 13 ribu km fiber optik tahun ini - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Gianyar, Bali (BERITAJA.COM) - PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk alias Mitratel, anak perusahaan BUMN Telkom Indonesia, bakal membangun jaringan fiber optik sepanjang 13.000 kilometer pada tahun ini untuk mendukung percepatan mengambil 5G.

Mitratel telah menyiapkan alokasi shopping modal alias capital expenditure (capex) sebesar total Rp7 triliun, nang salah satunya bakal digunakan untuk membangun jaringan fiber optik tersebut.

"Kami sudah menyiapkan capex sebesar Rp7 triliun termasuk di dalamnya kelak untuk membangun upaya occasion fiber optik 13.000 kilometer," kata Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko alias berkawan disapa Teddy saat media gathering di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Kamis (16/3).

Berita lain dengan Judul: Perkokoh posisi, Mitratel akuisisi menara telekomunikasi Indosat

Direktur Operasi dan Pembangunan (COO) Mitratel Pratignyo A. Budiman mengatakan bahwa kehadiran fiber optik merupakan suatu keharusan untuk mendukung 5G, ditambah dengan adanya peningkatan kebutuhan dari operator seluler untuk mendapatkan jasa broadband nang cepat.

Sebagai informasi, Mitratel telah mempunyai portofolio fiber optik nang dimulai pada tahun lampau dengan total sepanjang 16.641 kilometer, nang didominasi di wilayah Jawa sebesar 58 persen alias 9.705 kilometer dan 42 persen di wilayah luar Jawa sebesar 42 persen alias 6.936 kilometer.

Pada 2022, Mitratel mendapatkan 25.000 pemesanan fiber optik dari mobile network operator (MNO) alias operator seluler, nang merupakan 30 persen dari total fiber roll-out MNO di tahun lalu. Pada Desember 2022, fiber organik nang dikembangkan Mitratel sukses mencapai 10.629 kilometer.

Kemudian, Mitratel juga mempunyai portofolio fiber optik sepanjang 6.012 kilometer nang merupakan aset fiber dari inorganik alias hasil akuisisi nang dilakukan pada tahun lalu.

Pencapaian Mitratel nang dibuktikan melalui portofolio tersebut, menurut Pratignyo, menunjukkan bahwa perusahaan penyedia menara telekomunikasi itu siap menyambut masa depan 5G.

"Secara ujung ke ujung (layanan nang disediakan Mitratel), baik tower-nya, fibernya, power-nya, komplit. Kami bisa memberikan solusi ke customer dalam upaya menyambut datangnya service baru khususnya 5G," kata dia.

"Jadi kami cukup percaya diri. Percaya diri banget lantaran kepercayaan itu ditopang oleh aset-aset nang memang siap untuk menyambut datangnya era 5G secara masif," pungkas Pratignyo.

Berita lain dengan Judul: Mitratel siapkan pengganti kreasi menara telekomunikasi di IKN

Berita lain dengan Judul: Mitratel optimis tumbuh 11 persen di tahun ini

Berita lain dengan Judul: Mitratel: Penggunaan panel surya bantu efisiensi biaya 15-20 persen



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close