Trending

Dubes: Kondisi WNI di Yordania aman meski dekat dengan Tepi Barat - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Amman (BERITAJA) - Dubes RI untuk Yordania merangkap Palestina Ade Padmo Sarwono menyebut kondisi penduduk negara Indonesia (WNI) di Yordania tetap kondusif dan tidak mengalami akibat langsung dari agresi Israel di Palestina.

"Kondisi mereka (WNI) baik, tidak berakibat langsung, lantaran Yordania inimampu dikatakan sebagai negara yang paling stabil," ujar Ade ketika ditemui usai Seminar Bisnis dan Pameran Produk Indonesia 2024 di Amman, Yordania, Kamis.

Meski berbatasan langsung dengan Tepi Barat Palestina dan Israel, Ade mengatakan bahwa kondisi di Yordania tetap cukup kondusif meski KBRI Amman telah melakukan langkah-langkah persiapan untuk perlindungan WNI di negara tersebut.

"Tentu kita dikoordinasikan oleh Kemlu, dari waktu ke waktu selalu melakukan koordinasi untuk persiapan kemungkinan-kemungkinan terburuk yang terjadi," ujarnya.

Persiapan disebutnya dilakukan tidak hanya di Yordania namun juga di negara-negara sekitar seperti Lebanon, Suriah, apalagi di Israel di mana ada juga WNI tinggal meski jumlahnya tidak banyak.

"Kita jalin komunikasi juga (dengan para WNI), jadi jika ada evakuasi, kami sudah siap," ujarnya. Saat ini, ada sekitar 1.500 WNI di Yordania yang nyaris setengahnya merupakan mahasiswa.

Meski berdekatan dengan letak konflik, Ade mengatakan belum ada imbauan bagi WNI untuk meninggalkan negara tersebut selama kondisi keamanan Yordania tetap memungkinkan.

Yordania menjadi negara perlintasan bagi relawan yang bakal memasuki Gaza, setelah perbatasan Gaza dengan Mesir ditutup akibat konflik.

"Kita memonitor juga ada beberapa relawan Indonesia yang bekerja di bawah WHO di Gaza. Secara reguler mereka bakal ditarik, ada jangka waktunya. Mereka keluarnya lewat sini, Yordania," ujar Ade.

Baca juga: Empat WNI sukses dievakuasi dari Israel
Baca juga: KBRI Amman kembali fasilitasi repatriasi berdikari WNI dari Yordania


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close