Trending

DPRD minta DKI segera tuntaskan penataan RW kumuh di Jakarta - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
di samping gedung-gedung mewah banyak

Jakarta (BERITAJA) - DPRD DKI Jakarta meminta kepada Pemprov DKI untuk segera menuntaskan penataan RW kumuh di wilayah itu lantaran dari info yang ada tetap terdapat 450 RW.

"Jumlah area kumuh di Jakarta memang banyak, apalagi di samping gedung-gedung mewah banyak," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Khoirudin di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, berasas info Badan Pusat Statistik (BPS), tetap ada 450 RW kumuh pada 2023, untuk itu perlu adanya penataan yang masif, agar pada 2027 tidak ada lagi lingkungan RW kategori kumuh di Jakarta.

Ia mengimbau Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta berbareng BPS segera menindaklanjuti agar penataan Kota Jakarta melangkah dengan lancar.

"Saya berambisi memang seiring dengan DKI menjadi DKJ (daerah unik Jakarta) mesti segera dituntaskan (penataan RW kumuh)," katanya.

Baca juga: Komisi A DPRD DKI minta Jaksel lakukan penataan 90 RW kumuh

Menurut dia, salah satu upaya yangmampu dilakukan Pemprov DKI ialah membangun kediaman vertikal alias rumah susun (Rusun), unik masyarakat menengah ke bawah.

"Paling tidak, perbanyak gedung ke atas, rumah susun diperbanyak untuk penataan permukiman kumuh," katanya.

Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Afan Adriansyah Idris menambahkan berasas info BPS tercatat di Jakarta ada 450 RW kumuh, dari jumlah itu, sebanyak 200 RW di Ibu Kota sudah mendapatkan penanganan.

Sedangkan sisanya sebanyak 250 RW bakal mendapat pembenahan secara berjenjang hingga tahun anggaran 2026.

Bahkan, kampung kumuh di permukiman padat itu tidak mempunyai pencahayaan dan sirkulasi udara yang memadai lantaran jarak satu rumah dengan yang lain berdekatan.

Baca juga: Pemkot Jaksel telah tangani 70 persen RW kumuh


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close