Trending

DPRD Kotabaru paripurnakan dua Raperda - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kotabaru (BERITAJA) - DPRD Kotabaru Kalimantan Selatan memparipurnakan dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pada  masa persidangan III rapat ke-8 tahun sidang 2023/2024.

"Raperda bakal kita telaah sesui sistem dan ketentuan yang berlaku," kata Syairi Mukhlis di Kotabaru, Senin.

Syairi menyampaikan dua buah Raperda tersebut adalah tentang Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2023 dan Raperda tentang rencana pembangunan jangka panjang wilayah (RPJPD) tahun 2024-2025.

Ia menambahkan, kedua Raperda nantinya bakal di tindak lanjuti oleh semua fraksi untuk ditindaklanjuti dan di proses dengan kajian kajian pendukung sesui dengan ketentuan yang telah di tetapkan.

Sekretaris Daerah Kotabaru Said Akhmad menyampaikan, dua buah Raperda diantaranya Raperda tentang Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2023 dan Raperda rencana pembangunan jangka panjang wilayah (RPJPD) tahun 2024-2025 merupakan gambaran keberhasilan Kotabaru.

Raperda pertanggungjawaban penyelenggaraan APBD sebagi corak laporan finansial salah satu bentuk transparansi dan akuntabilitas Pemkab Kotabaru dalam melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik.

Selain penerapan sismten akuntansi finansial wilayah sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan pengelolaan finansial negara dan daerah.

"Selain itu bermaksud memberikan info yang relevan mengenai posisi finansial dan seluruh transaksi dilakukan Pemkab Kotabaru di tahun anggaran 2023," kata Said Akhmad.

Sekda juga memaparkan laporan finansial Pemkab Kotabaru tahun 2023 menerapkan sistem akuntansi berbasis aktual, sebagai penyelenggaraan PP nomor 71 tahun 2010 tentang standar akuntansi pemerintahan.

Yang terdiri dari laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, neraca, laporan operasional, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, serta catatan atas laporan keuangan.

"Tentungnya dengan kerjasama dan kemitraan yang baik antara Pemerintah Daerah dan DPRD, segala hambatan dan persoalan bakal dapat kita atas bersama," jelas Said Akhmad.

Lebih lanjut, Said Akhmad juga menyampaikan, Raperda tentang rencana pembangunan jangka panjang wilayah (RPJPD) tahun 2024-2025 merupakan arsip perencanaan pembangunan wilayah untuk periode 20 tahun

Yang visi, misi dan petunjuk pembangunan wilayah yang merujuk kepada RPJPD Provinsi Kalimantan Selatan dan rencana pembangunan jangka panjang nasional (RPJPN).







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close