DPRD Bogor: Disdik harus mampu antisipasi sengketa lahan sekolah - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Kabupaten Bogor (BERITAJA.COM) - DPRD Kabupaten Bogor, Jawa Barat, meminta Dinas Pendidikan (Disdik) di daerahnya untuk bisa mengantisipasi terjadinya sengketa lahan sekolah, agar tidak mengganggu aktivitas belajar mengajar.

"Kita di Komisi IV sudah beberapa kali menggelar rapat dengan Disdik untuk membahas persoalan ini. Bahkan kita telah meminta Disdik mendata mana saja sekolah nan merupakan aset daerah, nan bermasalah dan nan belum disertifikasi," kata Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, Muad Khalim dalam keterangannya di Bogor, Rabu.

Hal itu dia sampaikan setelah Pemerintah Kabupaten Bogor beberapa kali digugat oleh orang nan mengaku sebagai mahir waris pemilik lahan sekolah. Terbaru, gugatan dilayangkan atas penggunaan lahan SD Negeri 1 Pancawati, Kecamatan Caringin.

"Saya rasa selama punya kekuatan norma dan info nan sah silahkan saja untuk menggugat. Sekarang kan sudah masuk di Pengadilan, biar kelak pengadilan nan memutuskan, apakah punya mahir waris alias milik aset daerah," ujarnya.

Muad pun meminta Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor untuk menginventarisasi seluruh aset lahan sekolah.

Menurutnya, dengan info tersebut, Pemerintah Kabupaten Bogor bisa mengalokasikan anggaran untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Sehingga nantinya seluruh sekolah di Kabupaten Bogor dapat tersertifikasi.

"Hal itu juga untuk menghindari masalah-masalah seperti ini seperti nan terjadi sekarang ada sekolah nan digugat oleh mahir waris pemilik lahan," terang Muad.

Di samping itu, Politisi PDIP ini juga menyayangkan adanya gugatan kepada sekolah di tengah kualitas pendidikan di Kabupaten Bogor nan tetap rendah.

"Kita minta Disdik alias dinas mengenai segera menyelesaikan persoalan aset lantaran cemas dapat mengganggu kepada aktivitas belajar mengajar, itu nan kita nggak mau. Karena mestinya kita konsentrasi pada peningkatan kualitas pendidikan kita nan saat ini boleh dibilang tetap sangat rendah," ungkapnya.

Diketahui, lahan Gedung SDN Pancawati 1, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor dipersoalkan.

Pemerintah Kabupaten Bogor, dalam perihal ini Bupati Bogor melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Bogor (tergugat 1) , dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor (tergugat 2) digugat oleh pihak nan mengaku mahir waris terhadap kepemilikan lahan seluas 504 meter persegi nan di atasnya terdapat gedung gedung sekolah dasar tersebut.

Masalah ini, apalagi sudah bergulir ke Pengadilan Negeri Kelas IA Cibinong. Berdasarkan info nan diunggah PN Cibinong, perkara nomor 4/Pdt.G/2023/PN Cbi tersebut bakal mulai disidangkan pada Kamis 9 Maret.

Berita lain dengan Judul: Ketua DPRD Bogor ingatkan pemkab hati-hati sikapi defisit Rp400 miliar

Berita lain dengan Judul: Ketua DPRD Bogor minta Plt Bupati segera isi bangku kedudukan kosong



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close